Arduta, M. Z., Kusuma, I. J., & Festiawan, R. (2020). Faktor Penentu Minat Siswa Smp Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Bulutangkis Di Purwokerto. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8322
Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif. Jurnal Edunomic, 6(2), 93–102.
James Kpolovie, P., Igho Joe, A., & Okoto, T. (2014). Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education, 1(11), 73–100. www.arcjournals.org
Maseleno, A., Hasan, M. M., Muslihudin, M., & Susilowati, T. (2016). Finding kicking range of sepak takraw game: Fuzzy logic and Dempster-Shafer theory approach. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 2(1), 187–193. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v2.i1.pp187-193
Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa ( The impacts of students ’ learning interest and motivation on their learning outcomes ). 2(2), 188–201.
Panuntun, Johan Bagus, and A. R. (2015). POLA PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGRI SE-KABUPATEN TEGAL 2013/2014. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(2), 50–56.
Prasetya, I. H. A., & Irawan, R. (2020). Indonesian JournaPenelusuran Minat dan Bakat Olahraga pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Kendall for. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 1(2), 188–196.
Purwaditia, A., & Supripto, A. W. (2017). Pengaruh Metode Latihan Pliometrik Terhadap Power Tekong Pada Atlit Putri Sepak Takraw. Journal of Physical Education , Sport , Health and Recreations, 6(1).
Putra, A. Y., Siswandari, S., & Purna, S. K. (2018). Management Implementation Analysis of Centralization Education and Training Student Sport Sepak Takraw Central Java. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 331. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.287
Rahmawati, P. I., & Suci, N. M. (2020). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi. 2(1), 21–30.
Rohmantunisa, S., Wahyudi, U., & Yudasmara, D. S. (2020). Survei minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket pada peserta sekolah menengah pertama. Sport Science and Health, 2(2), 119–129. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11266/5286
Saleh, S. (2021). Malaysian students’ motivation towards Physics learning. European Journal of Science and Mathematics Education, 2(4), 223–232. https://doi.org/10.30935/scimath/9414
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, M., Raharjo, A., & Abidin, W. Z. (2018). Effect of Plyometric Tuck Jumps and Lateral Hurdle Jumps on The Ability of TakrawrS Male Athletes to Do Smash Kedeng. 12(Isphe), 124–127. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.28
Sulasmi, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aspek Manajemen Minat Belajar Siswa PENDAHULUAN Pendidikan merupakan aspek yang memegang peran penting dalam kemajuan setiap bangsa , sudah seharusnya jika dunia pendidikan perlu dice. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi (JMP-DMT), 1(1), 10–17. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/3920
Widoyoko, E. P. (2013). OPTIMALISASI PERAN GURU DALAM EVALUASI. Jurnal Pendidikan, 22(2), 177–186.