Akhiruyanto,.A..(2008). Model.Pembelajaran.Pendidikan.Jasmani.Dengan.Pendekatan.Permainan. Jurnal.Pendidikan.Jasmani.Indonesia, .5.(2), .30.
Bao, W. (2020). COVID ‐19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University . Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937
Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1–12.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dini, R. (2013). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani. Alfabeta.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Fordham University. (2020). Types Of Online Learning. Fordham Education. https://www.fordham.edu/info/24884/online_learning
Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://books.google.co.id/books?id=JdqJAQAACAAJ
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002
Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing, 53, 88–90. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013
Gunawan, Suranti, N. M. Y., & F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. 1(2), 75–94.
Hidayat, K. (2011). Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sinom Widodo 02 Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011. Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga. F. In Skripsi.
Khudori, M., & Tuasikal, A. R. S. (2015). Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (pjok) di sma negerise-kabupaten jombang. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 211–214.
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? Public Health, 179, A1–A2. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001
Muna, W., & Hadisi, L. .(2015). .Pengelolaan.Teknologi.Informas.Dalam .Menciptakan.Model.Inovasi.Pembelajaran. (E-learning)..Jurnal.Al-Ta’dib, 8(1), .1–24.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Nopiyanto, yahya eko., R. S. (2020). HAMBATAN GURU PENDIDIKAN JASMANI GENERASI 80-AN DALAM PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(September), 139–148.
Nugroho, S. (2015). PROFESIONALISME GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG Suatu Tinjauan Aspek Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru. Jurnal VARIDIKA, 24(2), 135–146. https://doi.org/10.23917/varidika.v24i2.710
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.
Pieper, J & Uden, M. . (2006). Religion and Coping in Mental Health Care. Yord University Press, Inc.
Rakhmat, J. (2001). principles of similarity: Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saputra, K. Y. (2015). Pengaruh Proses Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Smp Maulana Pegayaman. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksa, 5(1), 1–10.
Setyosari, P. (2020). Content Relevant To the Learning Objectives, 2) Uses Instructional Methods , 3) Uses Media Elements, and 4) Builds New Knowledge and Skills. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818. https://media.neliti.com/media/publications/220215-pembelajaran-sistem-online-tantangan-dan.pdf
Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). PEMBELAJARAN DARING KOMBINASI BERBASIS WHATSAPP PADA KELAS KARYAWAN PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PGRI MADIUN. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun, 8, 81–86.
Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo.
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press. Suherman, A. (2009). Revitalisasi Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Bandung:UPI.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah dipahami. Pustaka Baru Press.
Sukendro, S., Habibi, A., Khaeruddin, K., Indrayana, B., Syahruddin, S., Makadada, F. A., & Hakim, H. (2020). Using an extended Technology Acceptance Model to understand students’ use of e-learning during Covid-19: Indonesian sport science education context. Heliyon, 6(11), e05410. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05410
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Ar-Ruzz Media.
Suryobroto, A. (2014). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial Andi Offset.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum Andi Offset.
Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410
Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1
Wiranda, T., & Adri, M. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Modul Pembelajaran Teknologi Wan Berbasis Android. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 85. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106472
Yusuf, S. (2012). Psikologi. Perkembangan Anak dan Remaja PT. Remaja Rosdakarya.
Zhang, .W., .Wang, .Y., .Yang, .L., .& .Wang, .C. (2020). Suspending Classes Without Stopping Learning: China’s Education Emergency Management Policy in the COVID-19 Outbreak. Journal of Risk and Financial Management, 13(3), 55. https://doi.org/10.3390/jrfm13030055
- Abstract viewed - 32 times
- PDF downloaded - 26 times
Affiliations
Rama Dwi Teguh Prakoso
Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Supriyono Supriyono
Affiliation not stated
Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran PJOK dari Sudut Pandang Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Slawi Tahun Ajaran 2020/2021
Vol 3 (2022): Spesial Edition COVID
Submitted: Sep 22, 2021
Published: Dec 10, 2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak covid-19 terhadap pelaksanan pembelajaran PJOK dari sudut pandang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Slawi SMA Negeri 1 Slawi tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket atau kueisioner serta teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 324 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Slawi dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling maka penentuan jumlah sampelnya25% dari jumlah total siswa, sehingga didapatkan sampel sebanyak 81 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Slawi tahun ajaran 2020/2021 dalam kategori Sedang. Hal itu dikarenakan masih adanya kendala dalam pelaksanaan pembelajaran diantaranya yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai, lambatnya sinyal atau jaringan internet, borosnya kuota internet, metode pembelajaran yang efektif serta kurangnya kecakapan guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan dalam pembelajaran daring.