Asrori M.(2013).Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.05(02).163-188
Badrudin, A.R., Ginanjar, M.H., Wartono. (2020).The Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Daring Selama Pandemi Covid 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar di Bogor.Jurnal Pendidikan Islam, 09(02), 209-224
Cintiasih, T.2020.Skripsi.Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kelas III SD PTQ ANNIDA Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020.Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.Institut Agama Islam Negeri Salatiga
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Ferdiansyah, S., Supiastutik, & Angin, R. (2020). Thai Students’ Experiences of Online Learning at Indonesian Universities in the Time of the COVID-19 Pandemic. Journal of International Students, 10(S3), 58–74. https://doi.org/10.32674/jis.v10iS3.3199
Fiero A.A.,ETC.(2021). The practicum In Times of Covid 19 : Knowledge Developed by Future Physical Education Teachers in Virtual Modality.International Journal Learning, Teaching and Educational Research.20(3).68- 83.https://doi.org/10.26803/ilfilter.20.3.5
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.
Gustiwati, R.(2016).Impplementasi Model-Model Pembelajaran Penjas Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahrahraga dan Kesehatan. Journal Of Sport Science And Education (JOSSAE).Vol 1. No.1
GTK Dikmen Diksus.(2020).Pembelajaran Daring Memberikan Banyak Manfaat.Diunduh dari : http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read- news/pembelajaran-daring-memberikan-banyak-manfaat. Diakses pada 30 Januari 20
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Harahap, M. H. N. (2020, December). PERANA MODEL PEMBELAJARAN PJOK SEKOLAH DASAR PJOK. In Seminar & Conference Nasional Keolahragaan (Vol. 1).
Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19.
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1-7.
Huang, C. H., Chin, S. L., Hsin, L. H., Hung, J. C., & Yu, Y. P. (2011). A web-
based e-learning platform for physical education. Journal of Networks, 6(5), 721.
Kresnapati, P., & Setyawan, D. A. (2020). Analisis perkuliahan daring mahasiswa PJKR Universitas PGRI Semarang sebagai dampak pandemi covid 19. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 25-32.
Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal kependidikan, 1(1), 150-168.
Mashud, M. (2018). Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani.
Mislan & Santoso, D.A.(2019).Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah.Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 05(02):266-271
Nisak Z.(2013).Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal EKBIS.9(2)
Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 110-116.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Riyana, C.2012.Komponen-Komponen Pembelajaran.Modul 6. Diunduh dari : http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/1962090619 86011-AHMAD_MULYADIPRANA/PDF/Komponen_Pembelajaran.pdf.
Diakses pada 01 Februari 2021.
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173- 190.
Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190.
Rozi, F., Safitri, S. R., Latifah, I., & Wulandari, D. (2021). Tiga Aspek dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 239-246.
SANDRA, N. (2015). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI 3 PAINAN KAB. PESISIR SELATAN. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 1(1).
Santoso, D. A. (2019, October). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG) (Vol. 2, No. 1).
Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020, August). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). In Seminar Nasional Olahraga (Vol. 2, No. 1).
Sierra-Díaz, M. J., González-Víllora, S., Pastor-Vicedo, J. C., & López-Sánchez, G. F. (2019). Can we motivate students to practice physical activities and sports through models-based practice? A systematic review and meta-analysis of psychosocial factors related to physical education. Frontiers in psychology, 10, 2115.
Soedjatmiko.2017.Manajemen Olahraga : Prinsip-Prinsip Praktis.Semarang:Fastindo
Sugiyono.2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung : CV Alfabeta
Syahputra, A. S. (2015). Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PJOK di Tingkat Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(2).
Utomo, M.R.2016.Skripsi. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Pertama Pengembangan dan Percontohan Se-Kabupaten Pati.Fakultas Ilmu Keolahragaan.Universitas Negeri Semarang
Varea V., Calvo.G.G.(2020).Touchless Classes And Absent Bodies : Teaching Physical Education In Times of Covid 19.Sport, Education and Society.24(3).1-15
Waikelak, K. S., Arrozy, A. F., & Rahmani, L. (2021). Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19: Bagaimana Dukungan Peran Orang Tua?. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(3), 240-250.
Waluyo, W., Harjoyo, H., Suwandi, S., Oktarini, R., & Siswanto, T. A. (2021). Pendampingan Anak Pembelajaran Internal Kelas Online (PAPI KELON). Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 216-225.
Webster C.A., etc.(2021).Physical Education in The Covid Era : Considerations for Online Program Delivery Using the Comprehensive School Physical Activity Program Framework.Journal of Teaching in Physical Education (Human Kinetics).40.327-336
Yusuf, J., Muhyi, M., & Wiyarno, Y. (2020). PENGEMBANGAN PEMANASAN DINAMIS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 79-85.
- Abstract viewed - 100 times
- PDF downloaded - 86 times
Implementasi Pembelajaran PJOK secara Daring di SMPN 3 Kaliwungu Kabupaten Kendal Tahun 2021
Vol 4 No 1 (2023): June 2023
Submitted: Sep 24, 2021
Published: Jul 9, 2023
Abstract
This study aims to determine and analyse the implementation of online learning at SMP Negeri 3 Kaliwungu. The research method used is a qualitative research with a descriptive approach. Collecting data using triangulation methods with observation, interviews and documentation. The instruments used are instrument interviews and documentation. The data analysis model used in this study is SWOT analysis.The results of the study are as follows : Strength : increase the ability of teachers and students in using technology. Weakness : PJOK teachers cannot monitor and evaluate student movements directly. Opportunities : there are students who become more creative. Threats : students feel they do not understand the material given by the PJOK teacher because it is only theory.