Acha, B., & Nova, A. (2020). Survei Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tuna Grahita Di Slb Kota Langsa. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra, 3(2), 16-26.
Adityantoro, P. W., & Hartono, M Wahyudi, A. (2021). Physical Education Learning Management Sports And Health School Extraordinary C Karesidenan Banyumas. Journal of Physical 10(1), 89–95.
Ali, Mohammad. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung:Angkasa.
Ali, E., & Sari, D. N. (2019). Developing Learning Media of Adaptive Sport Course in SLLB Negeri 2 Padang. Journal of Education Research and Evaluation, 2(3), 133
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur penelitian Suati Pendekatan Praktik. Jakarta:PT.Rineka Cipta.
Arvian, K. D., & Qoriah, A. (2020). Survei Minat dan Motivasi Siswa Tunagrahita Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SDLB Negeri Kots Tegal Tahun 2019. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 1(2), 323-329.
Bangun, M. W. A. (2018). Pemanfaatan Hasil Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Slb-Ypac Cabang Medan. Journal Physical Education, Health and Recreation, 2(2), 97. https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i2.9553
Coates, J. (2011). Physically fit or physically literate? How children with special educational needs understand physical education. European Physical Education Review, 17(2), 167–181.
Fitron, M. Mu’arifin.(2020). Survei Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Konsep Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Atas. Journal Sport Science and Health, 2 (5), 264–271.
Gunawan, F. (2014). Survei Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Sekolah Dasar Luar Biasa Se-Kabupaten Gunungkidul. Active-Journal of Physical Education, Sport, Health adan Recreation, 3(2). https://doi.org/10.15294/active.v3i2.2943
Heryati, E., & Ratnengsih, E. (2017). Adaptive Physical Education Model for Increasing Physical Fitness of Children With Intellectual Disability. 118, 202–207. https://doi.org/10.2991/icset-17.2017.34
Irfan Dwi Yulianto, A. W. (2021). Indonesian Journal for Survei Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 373–379
Lukman, D., & Qori'ah, A. (2016). Survei Pelaksanaan Proses Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Di Sekolah Luar Biasa ( Slb ) Negeri 2 Di Kabupaten Pemalang Tahun 2014. E-Jurnal Physical Education, Sport(Health and Recreation), 60–66. https://doi.org/10.15294/active.v5i2.10736
Marani, A. (2017). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Studia Insania, 5(2), 105.https://doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1358
Mashuri, H. (2019). Analisis Tingkat Kenikmatan Beraktifitas Fisik Peserta Didik Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Kejuruan. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 55–70. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.602
Peraturan Pemerintah. Nomor 72. Tahun 1991. Pasal 2. Tentang Pendidikan Luar Biasa.
Pelana, R., Oktafiranda, N. D., & Antoni, R. (2020). Pemahaman Pelaksanaan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa Ditujukan Untuk Team Pengajar. Jurnal Perduli, 01(01), 32–37.
Ragil, D.S. (2016). Tingkat Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus ( Penjas Adaptif ) Di Sekolah Dasar Inklusi Se-Kecamatan Sentolo Education for Students With Special Needs ( Adaptive Physical. 1–10.
Rahayu, Ega Trisna. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Cet, Kesatu. Bandung, Alfabeta.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukriadi, S., & Arif, M. (2020). Survei Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Di SLB C Provinsi Dki Jakarta Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 4(1). https://doi.org/10.21009/jsce.04101
Tarigan, Beltasar. (2000). Penjas Adaptif. Jakarta: Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Taufan, J., Ardisal, A., Damri, D., & Arise, A. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak dengan Hambatan Fisik dan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2). https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.496
Zulfa, E. (2014). Pengembangan Kapasitas Sekolah Luar Biasa Untuk Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Di SDLBN Kedungkandang Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(3), 388–393.