Aisah, S., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X OTP di SMK Negeri 1 Jombang Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) …. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 1, 2020 Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jpap Jurnal, 8, 146–156.
Alawiyah, F. (2013). PERAN GURU DALAM KURIKULUM 2013 The Role of Teacher in Curricullum 2013. 65–74.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen : Revisi Taksonomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ardiana, M., & Sudarmin. (2013). PENERAPAN SELF ASSESSMENT UNTUK ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 9, No. 1, 2015, Hlm 1459-1467.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arisandi, A. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Bagi Anak Cerebral Palsy Kelas V.d Di SLB YPPLB Padang. (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jupekhu Halaman : 13-26 Pelaksanaan, 3(September), 13–26.
Darmawan, I. (2017). Upaya Meningkatkan kebugaran Jasmani siswa melalui penjas. JIP, 7(2), 143–154.
Fanani, A., & Kusmaharti, D. (n.d.). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS ( HIGHER ORDER THINKING SKILL ) DI SEKOLAH DASAR KELAS V. Jurnal Pendidikan Dasar P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801 DOI:Doi.Org/10.21009/JPD.091.01, 1, 1–11.
Gede, L., Wahyuni, E., Paramartha, A. A. G. Y., Luh, N., Eka, P., & Dewi, S. (2019). PENJABARAN INDIKATOR PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Prosiding SENADIMAS Ke-4, Tahun 2019 ISBN978-623-7482-00-00, 993–1000.
Handayani, D. E., Khuluq, S. K., & Suyitno. (2020). Analisis Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis HOTS Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Http://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP Vol. 6. No 4,Desember 2020, 6(4). https://doi.org/10.5281/zenodo.4299121
Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2019). Environmental Learning Based on Higher Order Thinking Skills : A Needs Assessment. International Journal for Educational and Vocational Studies Vol. 1, No. 1, May 2019, Pp. 21-24 Available Online at Http://Ojs.Unimal.Ac.Id/Index.Php/Ijevs Research, 1(1), 21–24.
Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the Problem-Based Learning in Order to Improve the Students ’ HOTS and Characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (2), 2017, 247-259 Available Online at Http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jrpm Jurnal, 4(2), 247–259.
Kamilati, N. (2018). ANALISIS KOMPONEN PENILAIAN PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEBAGAI ACUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF GURU. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(1), 2018, 1-17 Website: Http://Jurnaledukasikemenag.Org EDUKASI:, 16(1), 1–17.
Kumara, G. (2019). ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS VII MAPEL PJOK DITINJAU DARI HIGHER ORDER THINKING SKILLS DI SMP NEGERI SE-WILAYAH SLEMAN TIMUR. 1–10.
Musfiqi, S., & Jailani. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) Developing Mathematics Instructional Materials Oriented to Character and Higher Order Thinking Skill ( Hots ). Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 – Nomor 1, Juni 2014, (45-59) Available Online at: Http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Pythagoras Pengembangan, 9, 45–59.
Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Supriyadi. (2019). Penilaian Pendidikan Jasmani , Olahraga , dan Kesehatan. Jurnal Pendidiikan Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/ EISSN: 2502-471X DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI, 4(1), 1364–1379.
Nurcholis, E. S., Sulaiman, & Fakhruddin. (2017). Journal of Physical Education and Sports Implementasi Buku Ajar PJOK Kelas IX pada SMP Piloting Kabupaten Kendal Abstrak. Journal of Physical Education and Sports Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jpes, 6(65), 117–124.
Prastyo, Z., & Muhamad, H. (2015). ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBUATAN RPP KURIKULUM 2013 DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN OLAHRAGA ( PJOK ) Zogy Prastyo Heryanto Nur Muhammad. 03, 492–500.
Rahmah, S. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills. Jurnal Peradaban Islam, 3(1), 43–63.
Satria, G. (2017). PERSEPSI SISWA KELAS X TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017 GRADE X STUDENTS ’ PERCEPTION OF PHYSICAL EDUCATION OBJECTIVE AT SMK MUHAMADIYAH 2 MUNTILAN IN THE 2016 / 2017.
Sinambela, P. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. 17–29.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo.
Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D) (21st ed.). Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2000). Dasar-Dasar Penjaskes. Bandung: Dapartemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Utama, A. M. B. (2011). PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI AKTIVITAS BERMAIN DALAM PENDIDIKAN JASMANI. Jnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(April), 1–9.
Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). PERAN PENDIDIKAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI ERA SOCIETY 5.0 SEBAGAI PENENTU KEMAJUAN BANGSA INDONESIA. EQUILIBRIUM, 7, 137–141.
Widiyatmoko, F., & Hudah, M. (2017). Evaluasi Of Value Education Implementation In Sport Learning (Fajar Ari Widiyatmoko, Maftukin Hudah). Jurnal Ilmiah Penjas, 3(2), 44–60.
Widyaningsih, H. (2018). KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI CALON GURU MATEMATIKA DAN UPAYA UNTUK MENSTIMULASINYA. PROSIDING Seminar Nasional FKIP 2018 Http:// Usd.Ac.Id/Snfkip2018, 131–136.
Yatmini. (2017). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RPP YANG BAIK DAN BENAR MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS KKG SEMESTER SATU TAHUN 2016/2017 DI SD NEGERI MODEL MATARAM. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2(2), 172–184.
Yoda, I. K., & Tisna, G. D. (2017). ANALISIS IMPLEMENTASI PENJASORKES DI SMA/SMK TAHUN 2016 I. Jurnal PENJAKORA, 4(2), 1–17.