Afrinaldi, R. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Olahraga Renang di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Padang. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 1-9.
Agustami, R. P., Wiyanto, W., & Alimah, S. (2017). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Terpadu Serta Implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 96-103.
Andri aritianto, S. H. (2015). Pengaruh pengembangan pembelajaran renang gaya dada terhadap keterampilan renang gaya dada. jurnal pendidikan olahraga dan dan kesehatan, 335-360.
Anggita, G. M., Rahayu, T., Ali, M. A., Castyana, B., & Blume, A. (2020). Tingkat pengetahuan dan persepsi guru penjas terhadap metode blended learning. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(3), 699-712.
Artini, L. P. (2011). Persepsi guru dan siswa terhadap penggunaan Bahasa Inggris di kelas bilingual di sekolah menengah atas berstatus RSBI di Bali. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(4).
Cita, D. W., & Adriyani, R. (2013). Kualitas air dan keluhan kesehatan pengguna kolam renang di Sidoarjo. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 7(1), 26-31.
Khory, F. D., Hartoto, S., Sudarso, S., & Prakoso, B. B. (2018). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kualitas Mahasiswa Calon Guru PJOK Saat Melaksanakan Program Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Mitra. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(1), 38-53.
Lestari, W., Pratama, L. D., & Hidayatillah, W. (2020). Persepsi Guru dan Siswa Tentang Penggunaan Media Edutainment di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 109-122.
Nurkatamso, A., & Listyaningsih, U. (2013). Tingkat partisipasi masyarakat dalam program fisik program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan di Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Jurnal Bumi Indonesia, 2(2).
Oktadinata, A., Mardian, R., & Maryadi, W. (2017). Analisis Keterampilan Renang Gaya Bebas Mahasiswa Putri Mata Kuliah Renang 1 FIK-UNJA. Journal Physical Education, Health and Recreation, 1(2), 1-12.
Pangastuti, N. I. (2011). Latihan Renang Untuk Lansia. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 7(7), 32-37.
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101.
Robert Keig Stallman, dkk. 2008. The Teaching of Swimming Based on a Model Derived from the Causes of Drowning. International Journal of Aquatic Research and Education . 2(4)
Saputra, B. S., Syafrial, S., & Raibowo, S. (2021). Persepsi Kepala Sekolah dan Guru Terhadap Kompetensi Guru PJOK Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Arga Makmur. SPORT GYMNASTICS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 70-78.
Satriawan, D. (2015). Survei Minat Masyarakat Terhadap Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik Sebagai Tempat Berolahraga Di Kota Salatiga Tahun 2013. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(3).
Solihin, A. O. (2013). Peran Alat Bantu Rubber Resistant Terhadap Kecepatan Renang Gaya Dada 25 Meter Mahasiswa Pjkr Angkatan 2009 Di STKIP Pasundan Cimahi. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 5(1), 1-11.
Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sulamtari, R. W. (2017). Simulasi Berbagai Macam Gaya Renang Berbasis 3 Dimensi. Journal repository UPY. 199-210.
Surahman, F. (2018). Analisis Gerak Teknik Renang Gaya Punggung Pada Mahasiswa Jurusan Kepelatihan Olahraga FIK UNP. Journal Sport Area, 3(1), 14-27.