Ali, Muhammad. 2001. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.
Alwi, Syafaruddin. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia; Strategi Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: BPFE
Amir, M. 2005. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media
Anita, Suci. 2020. Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Masa New Normal Covid 19. Jurnal Kesehatan Medika Saintika. Vol 11 No 2: 190-204
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Cantaka, Aswin Aji. 2019. Studi Manajemen Pengelolaan Prasarana Dan Sarana Kolam Renang Gajayana Kota Malang. Jurnal Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang: 1-8
Dewi, Citra dan Roberto, Victoria. 2018. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar Berbasis Islam Terpadu Di Kota Bengkulu. Pedagogia : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 1 No 1: 90-98.
Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 2 No 1: 55-61.
Dibyantoro, Syarif Santoso. 2016. Manajemen Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan SMK Di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Kependidikan. Vol 1 No 1: 126-137
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Fafrikhah dan Wahyudhiana. 2018. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Fakhruddin, Asef Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Yogyakarta: Diva Press
Bambang Ferianto. 2014. Penilaian Kinerja Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehata terhadap Pembelajaran Pendidikan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatam Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 03 No 01: 1-12
Filiz, Bijen & Konukman, Ferman. 2020. Teaching Strategies for Physical Education during the COVID-19 Pandemic. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, Vol 91, No 9: 48-50.
Firmansyah, Helmy. 2009. Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 6, No. 1: 41-42.
Gutiawati, Resty. 2016. Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Journal of Sport Science and Education (Jossae), Vol 1No 1: 123-132
Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hambali, Sumbara et all. 2021. The Effectiveness Learning of Physical Education on Pandemic COVID-19. International Journal of Human Movement and Sports Sciences. Vol 9 (2): 219-223.
Harsuki. 2012. Perkembangan Olahraga Terkini. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.
Hasibuan, Malayu S.P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Hermawan, Asep H. dkk. 2008. Pengembangan Kurikiulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hudah, Maftukin. 2020. Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Masa Pandemi Covid- 19 Di Tinjau Dari Penggunaan Media Aplikasi Pembelajaran Dan Usia Guru. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi (PORKES). Vol.3, No.2, Desember 2020, Hal. 93-102
Irawan, Ewan. 2020. Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kota Bima. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Vol 4 No 3: 310-315.
Irfandi dan Rahmat, Zikrur. 2017. Manajemen Penjas dan Olahraga. Surakarta: Yuma Pustaka
Kaha, Yoseph Labaama. 2018. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Sekolah U SD Inpres Baniona Flores Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial (JIPS). Vol 3 No 3: 285-291.
Kautsar, Alam. 2018. Analisis Fungsi Manajemen Organisasi Olahraga (Studi Kualitatif pada Pengurus Daerah Ikatan Sport Sepeda Indonesia Jawa Barat). Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan. Vol 3 No 2: 41-45
Kunandar. 2011. Pemebelajaran Yang Efektif Dan Menyenangkan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Mahendra. 2014. Telaah Kritis terhadap Program PGPJ (Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani) di Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan, Vol 4 No 2: 227-238
Mahendra, Agus. 2017. Pengembangan Manajemen Kelas Olahraga: Pokok-Pokok Pikiran Tentang Pengembangan Pembinaan Olahraga Bagi Pelajar. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan Vol. 02 No. 02: 96-105.
Mansoer, H. Hamdan. 1999. Pengantar Manajemen. Jakarta: Depdikbud
Mawardi, Muh. 2019. Manajemen Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sma Negeri 3 Pinrang. Artikel Penelitian. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar
Mesnan dan Antonius, Freddy. 2019. Analisis Manajemen Pembinaan Olahraga Prestasi Di Koni Pematang Siantar. Sains Olahraga: Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan. Volume 3, Nomor 1:35-44.
Mirnawati. 2018. Pelaksanaan Fungsi Manajemen Dalam Menunjang Tertib Administrasi Pada Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga Kota Kendari. Jurnal Universitas Halu Oleo: 1-9
Nazir, Moch. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat
Nursyam. 2009. Panduan Kegiatan Pembelajaran Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi. Jakarta: SMAN 78.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan. Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendiknas Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prasetyo, Dian Estu. 2018. Evaluasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pembinaan Prestasi Olahraga. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Volume 1, Nomor 2: 32-41
Purnama, Lingga. 2018. Manajemen Pengelolaan Fasilitas Olahraga Milik Pemerintah Kabupaten Ngawi Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Modern. Volume 5 Nomor 1 Tahun 2019, 32 – 41
Purnomo, Joko. 2016. Melihat Olahraga Nasional Dari Sudut Pandang Kepemimpinan: Sebuah Pengantar. Jurnal Administrasi Pemerintahan Daerah. Volume VIII, Edisi 1:30-50
Raibowo, Septian. 2020. Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. Journal STAND: Sports and Development. Volume 1 Nomor 2: 112-119
Rawe, Aschari Senjahari. 2018. Analisis Manajemen Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga di Kabupaten Ende. SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation Volume 1 Nomor 2: 1-17
Rigianti, H. A. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, Vol 7 No 2: 1-13
Rocha, R. F., & Clemente, F. M. 2012. Expertise in sport and physical education: review through essential factors. Journal of Physical Education and Sport, 12(4), 557-559.
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. 2020. Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, vol 6, No 1: 1-12
Roestiyah. 2008. Model dan Metode Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sayudi, Fanny. 2014. Analisis Kinerja Dan Pengetahuan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sekolah Dasar Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Sport Pedagogy. Vol. 4. No. 1:23-25.
Setiawan, Edi et all. 2021. Online Learning and Platforms Favored in Physical Education Class during COVID-19 Era: Exploring Student' Perceptions. International Journal of Human Movement and Sports Sciences. Vol 9 (1): 11-18.
Shandi, Shutan Arie. 2018. Analisis Implementasi Manajemen Pendidikan Jasmani Berdasarkan Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Di Kota Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 8. No. 1: 10-18
Siagian, H. 1997. Manajemen Suatu Pengantar. Bandung: Alumni
Siswanto. 2007. Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Stylianou, Michalis et all. 2013. Physical Education Teachers’ Metaphors of Teaching and Learning. Journal of Teaching in Physical Education, Vol 32: 22-45.
Sucipto, Hadi. 2016. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Smp-Sma Semesta Bilingual Boarding School Semarang. Journal of Physical Education and Sports (JPES). Vol 5, No 2: 140-147
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukintaka. 2000. Administrasi Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.
Sunarno, Agung. 2018. Peningkatan Kapasitas Manajemen Olahraga Pengurus Provinsi Cabang Olahraga Di Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Keolahragaan. Vol. 17 (1): 1- 4.
Supriyadi, M. 2018. Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, vol 1 No 2: 64-73.
Suryobroto, Agus S. 2004. Peningkatan Kemampuan Manajemen Guru Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Vol 1, No 1: 62-68.
Suryobroto, Agus. 2004. Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY
Syafaruddin dan Nasution, Irawan. 2005. Manajemen pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.
Syaputra, Roni. 2020. Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Luas, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. e-SPORT: Jurnal Kesehatan Jasmani, Kesehatan Rekreasi. Volume 1, Nomor 1: 6-20
Syamsuddin. 2008. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Jakarta: PT Prestasi Pustaka
Umar, Mufarikhah & Nursalim, M. 2020. Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal BK UNESA, Vol 11 No 4: 111-123
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Moh.Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Varea, Valeroa et all. 2020. Exploring the changes of physical education in the age of Covid-19. Physical Education and Sport Pedagogy Journal. 1-12.
Winarno, 2006. Dimensi Pembelajaran Pendidikan Dan Olahraga. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Zipporah, Migosi. Misia Kadenyi and Paul Maithya. 2016. Influence Of Teacher Related Factors On The Implementation Of Physical Education Syllabus In Public Primary Schools In Manga Sub County, Kenya. International Journal of Education and Research. Vol. 4 No. 9: 1-18
- Abstract viewed - 75 times
- PDF downloaded - 50 times
Affiliations
Muhammat Styo Aji
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Anirotul Qoriah
Universitas Negeri Semarang
Survei Manajemen Guru Pendidikan Jasmani di Kecamatan Temanggung
Vol 4 No 2 (2023): November 2023
Submitted: Mar 15, 2022
Published: Dec 10, 2023
Abstract
The purpose of this study is to determine the management of planning (planning), organizing (organizing), directing (actuating), and controlling (controlling) Physical Education teachers to support the success of learning. This research is a descriptive research with a quantitative approach and survey research design. The population of this study were all physical education teachers from 36 elementary schools in Temanggung District. The sampling technique is saturated sampling technique (total sampling) so that the total research sample is 25 teachers. Data collection techniques used observations and questionnaires which were then analyzed quantitatively. The results showed that (1) The implementation of planning management (planning) for State Elementary School Physical Education teachers in Temaggung District to support learning success was classified as good criteria with an average of 76.4%. (2) The implementation of organizing management in the criteria is quite good with an average of 68.2%. (3) The implementation of organizing management in the criteria is quite good with an average of 68.6%. (4) The implementation of management supervision (controlling) in the criteria is quite good with an average of 66.4%. The conclusion of this study is that the management of physical education teachers at the State Elementary School of Temanggung District has been running quite well starting from planning, organizing, directing and supervising