Abedalhafiz, A. mobarak. (2013). OBSTACLES FACE PHYSICAL EDUCATION AT SCHOOLS IN AL MADENAH AL MUNAWARAH - KSA. European Scientific Journal, 9(13), 284–300.
Arfani, L. (2016). MENGURAI HAKIKAT PENDIDIKAN, BELAJAR DAN PEMBELAJARAN LAILI ARFANI, S.Pd., M.Pd. Jurnal PPKn & Hukum, 11(2), 88–89.
Azzahri, C. K., Widjanarko, D., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Praktik Rias Pengantin Jogja Paes Ageng pada Mata Kuliah Rias Pengantin Jawa. Journal of Vocational and Career Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10928
EGA IVANTO, A., & RACHMAN SYAM TUASIKAL, A. (2019). Survei Keterlaksanaan Materi Ajar Pencak Silat Di Sma Negeri 15 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 91–94.
Firmanto, S., & Pujianto, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Materi Beladiri Di SMP Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo. Journal.Unnes, 1(1), 188–196.
Galuh Hendityo Wicaksono. (2019). Kreativitas Guru Penjas Terhadap Proses Pembelajaran Penjas Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen 2018. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Gustiawati, R. R. (2017). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 1(1), 27. https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p27-31
Hono, C. A., & Sorraya, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi dengan Memanfaatkan Media Gambar Motif Kain Sumba Barat Daya Siswa Kelas VII SMPN I Kodi Tahun Ajaran 2020. PROSIDING SEMINAR NASIONAL IKIP BUDI UTOMO, 307–313.
Ikhwanuddin, Jaedun, A., & Purwantoro, D. (2010). PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA BERPIKIR ANALITIS. JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 40, 215–230.
Izzaty, R. E., Suardiman, S. P., Ayriza, Y., Purwandar, Hiryanto, & Kusmaryani, R. E. (2007). Perkembangan Peserta Didik. UNY Press.
Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual Dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99.
Menteri, P., Dan, P., Dasar, K., & Struktur, D. A. N. (2013). 2013, No.815 4. 815, 4–288.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kuaitatif, Buku sumber tentang metode-metode baru. Universitas Indonesia Press.
Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Dalam Pembelajaran Penjas Di Sekolah Dasar. Jurnal Maenpo:Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10(1), 44–49.
Mulyasa, H. E. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013 (cet 4). Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. (2007). KTSP pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual : panduan bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Bumi Aksara.
Nasution. (2009). Asas-Asas Kurikulum (Ed 2 Cet 1). Bumi Aksara.
Prayogo, panji ari, & Hamdani. (2019). IDENTIFIKASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI BELADIRI PENCAK SILAT (Pada Guru PJOK SMA Swasta Se-Surabaya). Jurnal Pendidikan Jasmani, 81–84.
Rachman, H. A. (2006). Membangun kembali jembatan antara kreativitas dan pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(April), 21–32.
Rustiana, E. R. (2011). Efek Psikologis Dari Pendidikan Jasmani Ditinjau Dari Teori Neurosians Dan Teori Kognitif Sosial. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1.
Sari, S. Y., Sundari, P. D., Jhora, F. U., & ... (2020). Studi Hasil Bimbingan Teknis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad-21 dalam Rangka Penerapan Program Merdeka Belajar. Jurnal Eksakta …, 4(November).
Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (cetakan 11). Sinar Baru Algensindo.
Sugihartono, & dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. UNY Press.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif.
Suherman, A. (2000). Dasar-dasar penjaskes. Depdiknas.
Sukintaka. (2002). Teori Pendidikan Jasmani. Esa Grafindo Solo.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran: Teori & aplikasi (cet 1). Ar-Ruzz Media.
Tama, R. A., & Purwono, E. P. (2017). Survei Kendala Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Materi Pencak Silat SMP Ne- geri di Kabupaten Semarang Risang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 6(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr
Usra, M. (2014). Aplikasi Aktivitas Fisik Siswa SD Sebagai Upaya Peningkatan Kebugaran Jasmani. 2. https://repository.unsri.ac.id/16418/2/Meirizal_Usra_Jurnal_PGSD_2014_7.pdf
Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 1–9. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3477
UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2021). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan RI. http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional
Yudi, A. A. (2012). PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DITINJAU DARI SEGI SARANA DAN PRASARANA (SARANA DAN PRASARANA PPLP). 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/csp.v1i1.702