Ardiansyah, Nur. 2016. Survei Sarana Dan Prasarana Olahraga Permainan BolaBesar di SMP Negeri Se-Kota Makassar. jurnal. Makassar: Pascasarjana UNM
Ade Bramanto. (2013). Identifikasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di SD se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamtan Kemiri Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Barnawi. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jurnal Managemen Pendidikan 2018: 10-13. Jogjakarta. Ar-Ruzz.
Darmastuti, H. (2014) Manajemen Sarana dan Prasarana dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran Jurnal Inspirasi ManajemenPendidikan Volume 3, Nomor 3, Januari 2014. Dalam http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id /index.php/inspirasi-manajemenpendidikan/article/view/6606
E. Mulyasa. (2006). Kurikulum yang disempurnakan. Yogyakarta: Rosada
Fatmawati, Nur. Andi Mappincara, S. H. (2019). Pemanfaatan dan Pemeliharaan Sarana danPrasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2),115–121. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2. 9799.
Fiansyah, Faozan. (2014). Keadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Banjarnegara Kabupaten BanjarnegaraBerdasarkan Peraturan Menteri Nomor 24 Tahun 2007. Yogyakarta: Skripsi. UNY
Fuad, N. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Gunawan, 2016. Keadaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar se-gugus sumberagung kecamatan moyudan Kabupaten sleman. Jurnal. FIK UNY
H.J.S. Husadarta. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: CV Alvabeta.
Hanggara, A. S. D., & Soegiyanto, (2019). Learning Infrastructure Facilities for Physical Education, Sports, andHealth Public Elementary Schools. Journal of Physical Education and Sports, 8(1), 26–32.
Hamalik, Oemar (2007) Evaluasi Kurikulum Pendekatan Sistematik. Bandung Yayasan Al Madani terpadu.
HAndayani (2019) Survei Sarana Dan Prasarana Di Dinas Pemuda Dan Olahraga Kabupatan Bangkalan Tahun 2019. Jurnal. Volume 4 Nomor 2, Desember 2019
Hamdani. 2011. Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hill, M. C., & Epps, K. K. (2010). The impact of physical classroom environment on student satisfaction and student evaluation of teaching in the universityenvironment. Academy of Educational Leadership Journal
Idris, A.M., Umar, I.Y., & Audu. 2013. Facilities Provision and Maintenance: Necessity for Effective Teaching and Learning in Technical Vocational Education. IOSRJournal of Research& Method in Education.Vol 3.Issue 1. P-ISSN: 2320-737X, E-ISSN:2320-7388
Kurniawati, P.I. (2013). “Manajemen Sarana dan Prasarana di SMKN 1 Kasihan Bantul”. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol.1. No.1 hal. 101. Dalamhttps://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=28 2671 Diakses pada tanggal: 16 Juli 2018
Mahendra, Ida Bagus (2020). Survei Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) INDONESIAN JOURNAL OF SPORT & TOURISMVolume 2 Nomor 2 2020, pp 54-59 E-ISSN: 2615-5931; P-ISSN: 2615-5923.
Mashud, M. (2015). Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Era Abad 21. Jurnal Multilateral, 14(2), 89–196
Mashud (2019) The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Journal. Department of Physical Education and HealthFaculty of Teachers Training and Edication Lambung Mangkurat University.
Nasrudin. 2018. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran Di SD Jurnal Managemen Pendidikan - Vol. 13, No. 1, Januari 2018: 15-23
Paturusi, A. 2012. Manajemen pendidikan jasmani dan olahraga. Jurnal Jakarta: Rineka Cipta.
Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 110–116
Pramono, H. (2012). Pengaruh Sistem Pembinaan,Sarana Prasarana Kinerja Guru PendidikanJasmani Sekolah Dasar di Kota Semarang.Jurnal Penelitian Pendidikan, 29(1), 7-16
Rahayu, Ega Trisna. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: CV Alvabeta.
Ronald 2021. Survey of Physical Education, Sports and Health LearningFacilities in Public Elementary Schools Balocci district Pangkep Regency. JPEHSS (Journal of Physical Education Health And Sport Sciences)
Rusman (2015) Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo
Saryono dan Nopembri. 2013. Analisis Kebutuhan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Berbasis Integrated Physical Education Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. FIK UNY
Sinta, Ike Malaya. 2019. Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal.Vol. 4, No. 1, Juni 2019 M/1440 H
Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Susworo, Agus. (2010). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. FIK UNY
Suryobroto, Agus. S.. (2004). Diktat Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Sulistiona, A. A. (2014). Kebugaran Jasmani Pendidikan dasar dan Menengah di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan danKebudayaan, 20(2), 223–233.
Saputro, Imam Dwi. (2014). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani diSekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Sulaiman. (2016). The Implementation of Media in Teaching andLearning of Physical, Sport, and HealthEducation Subject. Journal of Physical Educationand Sports, 7(1), 13-21
Sudrajat. (2011). Survei Kondisi Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di SD Negeri se-KecamatanWangon Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran2010/2011. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
-------------. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Pengembang Kurikulum Depdikbud Kabupaten Kendal. 2007. PeraturanMendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana danPrasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI),Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), DanSekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Semarang: CV.Robar Bersama.
Uko, E.S. 2015. Principalship and Effectivite Management of Facilities in Secondary Schools in Cross River State, Nigeria. International Journal of Academic Research and Reflection.Departement of Educational Administrasi& Planning.Vol. 3, No. 1.ISSN: 23090405.
Winarno, (2002). Pembelajaran Penjas di SD dengan Metode Penjelajahan Gerak (Jurnal Iptek Olahraga). Jakarta : Pusat Pengkajian dan Pengembangan IPTEK Olahraga