Bimtek Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Indonesia Bermuatan Multikultural bagi Guru MTs/SMP di Kota Semarang

  • Ida Zulaeha Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Septina Sulisyaningrum Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Suratno Suratno Univesitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Rahayu Pristiwati Univesitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Meilan Arsanti Univesitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Areni Yulitawati Supriyono Univesitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: bahan ajar digital, bahasa indonesia, muatan multikultural, kota semarang

Abstract

Bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis teks merupakan inovasi dalam pembelajaran Kurikulum 2013. Bahan ajar ini dikembangkan secara digital dengan memasukkan nilai-nilai multikultural yang sesuai dengan karakteristik peserta didik SMP/MTs ke dalam teks dengan tujuan para pendidik memiliki pengalaman mengembangkan bahan ajar berbasis teks. Bahan ajar ini berisi teks yang didalamnya diintegrasikan nilai-niali karakter multikultural. Bahan ajar digital ini digunakan untuk membelajarkan peserta didik memahami berbagai jenis teks, struktur teks, kaidah kebahasaan teks, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta karakter multikultural yang tercermin dalam perilaku mereka selama dan setelah mengikuti pembelajaran. Implementasi bahan ajar dilakukan oleh guru model yang diikuti oleh para peserta pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan pengembangan dilaksanakan dengan menggunakan metode workshop dan lesson study, simulasi, dan latihan mandiri. Peserta pengabdian sangat antusias mengikuti pelatihan. Bahan ajar digital bahasa Indonesia berbasis teks bermuatan multikultural yang dihasilkan kemudian diimplementasikan dalam pembelajaran di SMP/MTs masing-masing peserta pelatihan.

References

Kemdikbud. 2013a. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan, dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud. 2013b. “Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud. 2013c. “Permendikbud Nomor 70 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan”. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud. 2013d. “Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Pedoman Umum Pembelajaran”. Jakarta: Kemdikbud.
Thiel, R., & D. K. George (1976). Some Factors Affecting the use of the Science Process Skill of Prediction by Elementary School Children. Journal of Research in Science Teaching, 13, 155-166.
Tomera, A. (1974). Transfer and Retention of Transfer of the Science Processes of Observation and Comparison in Junior High School Students.Science Education, 58, 195-203.
Zulaeha, Ida, Eko Handoyo, dan Ahmad Syaifudin. 2014. “Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia Bermutan Multikultural dalam Mereduksi Konflik Sosial pada Generasi Muda” Laporan Penelitian Strategis Nasional Tahun Pertama. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Zulaeha, Ida, Eva Banowati, dan Ahmad Syaifudin. 2015. “Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia Bermutan Multikultural dalam Mereduksi Konflik Sosial pada Generasi Muda” Laporan Penelitian Strategis Nasional Tahun Kedua. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Zulaeha, Ida, Eva Banowati, dan Ahmad Syaifudin. 2016. “Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia Bermutan Multikultural dalam Mereduksi Konflik Sosial pada Generasi Muda” Laporan Penelitian Strategis Nasional Tahun Ketiga. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Zulaeha, Ida. 2016. Teori, Model, Implementasi Pembelajaran Menulis Kreatif. Semarang: Unnes Press.
Published
2021-12-17