PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS DAN RETURN ON ASSET TERHADAP KUALITAS LABA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Shanie Sukmawati
Kusmuriyanto Kusmuriyanto
Linda Agustina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan, likuiditas dan Return On Asset(ROA) terhadap kualitas laba. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2009 sampai 2011 yang berjumlah 29 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 26 perusahaan. Data di analisa dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa struktur modal yang diproksikan dengan leverage dan likuiditas yang diproksikan oleh current ratio (CR) memiliki pengaruh dengan kualitas laba. Sementara itu ukuran perusahaan yang diproksikan dengan Ln Log total Asset dan return on asset (ROA) tidak memiliki pengaruh dengan kualitas laba.

 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Shanie Sukmawati, Gedung C6 Lantai 2 FE Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang,  Indonesia

How to Cite
Sukmawati, S., Kusmuriyanto, K., & Agustina, L. (1). PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS DAN RETURN ON ASSET TERHADAP KUALITAS LABA. Accounting Analysis Journal, 3(1). https://doi.org/10.15294/aaj.v3i1.3897

References

Almilia, Luciana Spica dan Vieka Devi. 2007. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta”. Proceeding Seminar Nasional manajemen SMART. Universitas Kristen Maranatha Bandung. 3 Maret 2007. On line at journal.uii.ac.id. Diakses tanggal 20 November 2012.

Almilia, Luciana Spica. 2008. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Sukarela Internet Financial and Sustainability Reporting”. Dalam Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia Vol. 12 No. 2 Desember 2008. STIE Perbanas Surabaya. Surabaya. On line atjournal.uii.ac.id. Diakses tanggal 21 Juli 2012.

Boediono, Gideon. 2005. “Kualitas Laba: Studi Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Dampak Manajemen Laba dengan Menggunakan Analisis Jalur”. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo 15-16 September.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2009. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Terjemahan Ali Akbar Yulianto. Jakarta: Salemba Empat.

Harahap, Sofyan Syafri. 2002. Teori Akuntansi “Laporan Keuangan”. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Indrawati, Novita dan Lilla Yulianti. 2010. “Mekanisme Corporate Governance dan Kualitas Laba”. Pekbis Jurnal, Vol.2, No.2, Juli 2010:283-291.

Irawati, Dhian Eka. 2012. “Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Laba, Ukuran Perusahaan dan Likuiditas Terhadap Kualitas Laba”. Jurnal. Universitas Negeri Semarang.

Rachmawati, Andri dan Hanung Triatmoko. 2007. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan”. Jurnal Nasional Kualitas Laba.

Purwandari, Arum. 2012. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Struktur Kepemilikan dan Status Perusahaan Terhadap Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan bisnis UNDIP.

Sugiarto, Bambang Lesia dan Dergibson Siagian. 2007. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba pada Perusahaan Manufaktur di BEJ”. Jurnal Akuntabilitas, Maret 2007, hal. 142-149 ISSN 1412-0240 Vol. 6, No 2.

Syamsuddin, Lukman. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Purwandari, Arum. 2012. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Struktur Kepemilikan dan Status Perusahaan Terhadap Laporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan bisnis UNDIP.