DESIGN OF MAGIC CANTING INTERACTIVE MULTIMEDIA AS EDUCATIONAL MEDIA IN PEKALONGAN BATIK MUSEUM

  • Hafid Hafid Universitas Negeri Semarang
  • Rahina Nugrahani

Abstract

Kota Pekalongan dikenal sebagai kota batik, dan sebagai upaya pelestarian batik, pengenalan mengenai batik dimulai sejak pendidikan Sekolah Dasar. Hal ini juga di tunjang dengan hadirnya Museum Batik Pekalongan. Media pembelajaran interaktif Canting Ajaib hadir sebagai alternatif  dalam pengenalan batik khususnya di Museum. Canting Ajaib hadir dengan nuansa keajaiban dan dunia khayalan, dimana akan memberikan nuansa baru dalam belajar tentang proses pembuatan batik Pekalongan. Selain itu juga terdapat materi alat dan bahan serta pengertian singkat dari batik. Canting Ajaib juga memiliki sebuah permainan tebak-tebakan yang akan mengasah kompetensi materi yang telah diakses sebelumnya. Dalam perancangannya Canting Ajaib telah melalui proses yang bertahap diantaranya: (1) Pra produksi, dimana pada tahap ini pencarian ide dan gagasan, analisis dan pengumpulan data dilakukan, (2) Produksi, tahap dimana proses memvisualisasikan data-data yang telah terkumpul menjadi aset, dan bahan yang dibutuhkan dalam perancangan multimedia interaktif Canting Ajaib, pengujian multimedia, serta konsultasi dengan dosen pembimbing, (3) Pasca Produksi, pembuatan media pendukung seperti merchandise, dan pameran karya. Perancangan proyek studi Canting Ajaib ini menghasilkan karya berupa multimedia interaktif Canting Ajaib yang menjadi sebuah media pengenalan dan pembelajaran mengenai proses pembuatan Batik Pekalongan.

Published
2022-12-01
How to Cite
Hafid, H., & Nugrahani, R. (2022). DESIGN OF MAGIC CANTING INTERACTIVE MULTIMEDIA AS EDUCATIONAL MEDIA IN PEKALONGAN BATIK MUSEUM. Arty: Jurnal Seni Rupa, 11(3), 1-12. https://doi.org/10.15294/arty.v11i3.55099