PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMITE SEKOLAH, LAYANAN, PEMBIAYAAN TERHADAP KINERJA SMA SMK NEGERI

Main Article Content

Indah Tri Lestari
Kardoyo Kardoyo
Wijang Sakitri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, peran komite sekolah, kualitas layanan pendidikan serta pembiayaan pendidikan terhadap kinerja sekolah.Penelitian kuantitatifini dengan sampel 25 sekolah. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan regresi berganda, uji t, analisis jalur, uji sobel dan koefisiensi determinasi. Hasil penelitian menunjukan: (1)terdapat pengaruh signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu proses, (2)terdapat pengaruh signifikan peran komite sekolah terhadap mutu proses, (3)terdapat pengaruh signifikan kualitas layanan pendidikan terhadap mutu proses, (4)tidak terdapat pengaruh signifikan pembiayaan pendidikan terhadap mutu proses, (5)terdapat pengaruh signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu lulusan, (6)terdapat pengaruh signifikan peran komite sekolah terhadap mutu lulusan, (7)terdapat pengaruh signifikan kualitas layanan pendidikan terhadap mutu lulusan, (8)tidak terdapat pengaruh signifikan pembiayaan pendidikan terhadap mutu lulusan, (9)terdapat pengaruh signifikan mutu proses terhadap mutu lulusan, (10)tidak berpengaruh signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu lulusan melalui mutu proses, (11)peran komite sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap mutu lulusan melalui mutu proses, (12)kualitas layanan pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap mutu lulusan melalui mutu proses, (13)pembiayaan pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap mutu lulusan melalui mutu proses.

Article Details

How to Cite
Lestari, I., Kardoyo, K., & Sakitri, W. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMITE SEKOLAH, LAYANAN, PEMBIAYAAN TERHADAP KINERJA SMA SMK NEGERI. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 156 - 169. https://doi.org/10.15294/baej.v1i2.41449
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)