Pengaruh Personality Motivation, Self-Efficacy, dan Career Adaptability Terhadap Komitmen Karir

Main Article Content

Umi Nuraini
Nurdian Susilowati
Khoirunnisa Khoirunnisa
Delya Saski Ananda
Ika Dian Anggraini Febriyanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat intrinsik seperti personality motivation, self-efficacy dan career adaptability terhadap komitmen karir. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Tahun Angkatan 2018. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah populasi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi adalah 119 mahasiswa. Sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling. Diperoleh sebanyak 80 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner google form secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan alat IBM SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan personality motivation, self-efficacy dan career adaptability secara simultan memiliki pengaruh terhadap dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian ini, dari keempat hipotesis yang diajukan terdapat tiga hipotesis diterima dan satu hipotesis ditolak. Personality motivation dan career adaptability masing-masing memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen karir profesi guru akuntansi pada mahasiswa pendidikan akuntansi. Sedangkan, self-efficacy tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen karir profesi guru akuntansi pada mahasiswa pendidikan akuntansi. Penelitian ini memiliki jangkauan wilayah penelitian yang kecil. Sehingga, Penelitian belum dapat secara maksimal mengukur komitmen karir Pendidikan di Universitas Negeri Semarang untuk setiap tahun angkatan yang ada.

Article Details

How to Cite
Nuraini, U., Susilowati, N., Khoirunnisa, K., Ananda, D., & Febriyanti, I. (2021). Pengaruh Personality Motivation, Self-Efficacy, dan Career Adaptability Terhadap Komitmen Karir. Business and Accounting Education Journal, 2(2), 139 - 151. https://doi.org/10.15294/baej.v2i2.50616
Section
Articles