Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Self Regulated Learning terhadap Literasi Digital Siswa SMA Negeri 2 Purwokerto

  • Nur Fitri Yani
  • Siti Zulaikha Wulandari Universitas Jenderal Soedirman
  • Lina Rifda Naufalin Universitas Jenderal Soedirman
Keywords: Literasi Digital, Kecerdasan Emosional, Self Regulated Learning

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan metode kuantitatif pada kelas X SMA Negeri 2 Purwokerto dengan total populasi sebanyak 393 siswa dan sampel sebanyak 206 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap literasi digital siswa SMA Negeri 2 Purwokerto; (2) pengaruh self regulated learning terhadap literasi digital siswa SMA Negeri 2 Purwokerto; (3) pengaruh kecerdasan emosional dan self regulated learning secara bersama-sama terhadap literasi digital siswa SMA Negeri 2 Purwokerto. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan probability random sampling memperoleh sampel sebanyak 206 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan SPSS menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap literasi digital siswa SMA Negeri 2 Purwokerto; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self regulated learning terhadap literasi digital siswa SMA Negeri 2 Purwokerto; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan self regulated learning secara bersama-sama terhadap literasi digital siswa SMA Negeri 2 Purwokerto.

Published
2021-08-31
How to Cite
Yani, N., Wulandari, S., & Naufalin, L. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Self Regulated Learning terhadap Literasi Digital Siswa SMA Negeri 2 Purwokerto. Business and Accounting Education Journal, 2(2), 152 - 159. https://doi.org/10.15294/baej.v2i2.53405