PENGEMBANGAN MODUL PENATAAN SANGGUL MODERN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK PERINTIS 29 UNGARAN PENGEMBANGAN MODUL PENATAAN SANGGUL MODERN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK PERINTIS 29 UNGARAN Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

lisa dwi putrianti
Erna Setyowati

Abstract

Modul sebagai buku pegangan untuk siswa, di SMK Perintis 29 Ungaran jurusan Tata Kecantikan Rambut belum
adanya modul. Peneliti menyusun modul Penataan Sanggul Modern diharapakan mempermudah siswa melaksanakan
belajar mandiri. Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui validitas dari modul penataan sanggul modern untuk peningkatan
hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Tata Kecantikan Rambut. (2) Untuk mengetahui kelayakan modul
penataan sanggul modern untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Tata Kecantikan.
Desain Penelitian menggunakan one group pretest-posttest desaign. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes,
kuesioner, dan dokumentasi. Populasi penelitian siswa SMK Perintis 29 Ungaran jurusan Tata Kecantikan kelas XI
sejumlah 10 siswa. Teknik sampling menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif
persentase. Hasil penelitian, disimpulkan modul penataan sanggul modern katagori baik dengan persentase 90% dilihat
dari validitas 3 ahli dan peningkatan nilai pre-test dan post-test sebesar 45%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##