Pelatihan Pembuatan Pupuk Volpo (Kombinasi Abu Vulkanik dan POC) di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang

  • Erna Noor Savitri Jurusan IPA Terpadu FMIPA UNNES
Keywords: Ngablak; POC; VOLPO; inovasi pertanian; pupuk

Abstract

Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang dikelilingi oleh gunung berapi aktif dan berpotensi terdapat abu vulkanik. Abu vulkanik banyak mengandung unsur hara makro, mikro, dan mineral tinggi yang dibutuhkan oleh tanaman. Abu vulkanik dapat memperbaiki struktur tanah dan kandungan hara yang miskin karena intensifikasi pertanian. Pertanian merupakan sektor utama masyarakat di Kecamatan Ngablak, sehingga perlu adanya inovasi dengan memanfaatkan potensi lokal daerah setempat dalam rangka usaha untuk meningkatkan hasil pertanian. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pembuatan pupuk yang berasal dari abu vulkanik yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar dikombinasikan dengan POC (pupuk organik cair). Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan pembuatan pupuk VOLPO (kombinasi abu vulkanik dan POC). Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan (informasi) tambahan kepada masyarakat Kecamatan Ngablak mengenai manfaat pupuk VOLPO serta pelatihan cara pembuatan pupuk VOLPO sekaligus sebagai upaya peningkatan hasil pertanian dan alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan pertanian. Penyuluhan mengenai manfaat pupuk VOLPO. Penyuluhan diberikan kepada 20 orang perwakilan kelompok tani Kecamatan Ngablak. Penyuluhan ini menggunakan metode ceramah dan diskusi tentang pemahaman mengenai manfaat pupuk VOLPO. Penyuluhan bertempat di salah satu rumah warga di Kecamatan Ngablak. Aplikasi pembuatan pupuk VOLPO pada kelompok mitra (kelompok tani) Kecamatan Ngablak. Kabupaten Magelang.

References

[1] Nurlaeny, N., Saribun, D. S., & Hudaya, R. (2012). Pengaruh Kom-binasi Abu Vulkanik Merapi, Pupuk Organik dan Tanah Mineral Ter-hadap Sifat Fisiko-Kimia Media Tanam Serta Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays L.). Bionatura, 14(3), 184-191.
[2] Rostaman, T., Kasno, A., & Anggria, L. (2011). Perbaikan Sifat Tanah dengan Dosis Abu Vulkanik Pada Tanah Oxisols. Peneliti Badan Litbang Pertanian di Balai Penelitian Tanah. Bogor.
[3] Syukur, A. (2005). Pengaruh pemberian bahan organik terhadap sifat-sifat tanah dan pertumbuhan caisim di tanah pasir pantai. Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan, 5(2005).
[4] Tarigan, E., Hasanah, Y., & Mariati, M. (2017). Respons Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) Terhadap Pemberian Abu Vulkanik Gunung Sinabung dan Arang Sekam Padi. AGROEKOTEKNOLOGI, 3(3)
Published
2021-08-13
How to Cite
Savitri, E. (2021). Pelatihan Pembuatan Pupuk Volpo (Kombinasi Abu Vulkanik dan POC) di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. BERDAYA Indonesian Journal of Community Empowerment, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.15294/berdaya.v1i1.45962
Section
Articles