PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH ANORGANIK RUMAH TANGGA DALAM PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN BERNILAI EKONOMIS DI KELURAHAN JATIREJO SEBAGAI BINAAN FMIPA UNNES

  • Andhina Putri Heriyanti unnes
  • Miranita Khusniati Universitas Negeri Semarang
  • Stephani Diah Pamelasari Universitas Negeri Semarang
  • Rifa Atunnisa Universitas Negeri Semarang
  • Ni Luh Trirtasari Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kata Kunci: Kerajinan tangan, Limbah Anorganik, Masyarakat Jatirejo

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu (1) Meningkatkan motivasi masyarakat untuk mengelola sampah domestik menjadi kerajinan tangan bernilai ekonomis dan (2) mampu membuat kerajinan tangan dari limbah anorganik terutama sampah plastic sebagai upaya untuk pengoptimalan kemampuan masyarakat dalam menuangkan inovasi dan kreatifitasnya dalam mengelola sampah mereka. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilakukan suatu upaya melalui pelatihan pembuatan kerajinan tangan dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan praktik langsung. Kegiatan pelatihan dilaksanakan monitoring atau evaluasi oleh tim pelaksana untuk melihat dan mendampingi para peserta pelatihan dalam pembuatan kerajinan tangan. Hasi penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar. Kegiatan ini mampu memberi motivasi kepada masyarakat dalam membuat kerajinan tangan terutama berbahan dasar limbah anorganik terutama sampah plastik serta mampu meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berinovasi dan berkreasi dalam membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan limbah yang mereka hasilkan dari kegiatan domestik.  Dengan kegiatan ini pula diharapkan para peserta mulai memahami pentingnya memanfaatkan limbah anorganik terutama jenis plastik sebagai bahan kerajinan tangan dalam meningkatkan nilai ekonomi limbah plastic dan menambah pendapatan rumah tangga

References

[1] Sufia, R., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Kearifan lokal dalam melestarikan lingkungan hidup (studi kasus masyarakat adat Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 726-731.

[2] Kusminah, I. L. (2018). Penyuluhan 4r (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) Dan Kegunaan Bank Sampah Sebagai Langkah Menciptakan Lingkungan Yang Bersih Dan Ekonomis Di Desa Mojowuku Kab. Gresik. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(01).

[3] Riyadi, A., & Mustofa, N. (2015, November). Peran Perempuan dalam Sosialisasi Pengelolaan Sampah Sebagai Upaya Preventif Bencana Banjir di Kota Surakarta. In SEMINAR NASIONAL PSIKOLOGI SOSIAL & BUDAYA (p. 27).

[4] Shentika, P. A. (2016). Pengelolaan bank sampah di Kota Probolinggo. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 8(1), 92-100.

[5] Asteria, D., & Heruman, H. (2016). Bank sampah sebagai alternatif strategi pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Tasikmalaya (Bank Sampah (Waste Banks) as an alternative of community-based waste management strategy in Tasikmalaya). Jurnal manusia dan lingkungan, 23(1), 136-141.

[6] Indonesia, P. R. (2012). Peraturan Pemerintah RI Nomor 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

[7] Asteria, D., & Heruman, H. (2016). Bank sampah sebagai alternatif strategi pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Tasikmalaya (Bank Sampah (Waste Banks) as an alternative of community-based waste management strategy in Tasikmalaya). Jurnal manusia dan lingkungan, 23(1), 136-141.
Published
2022-08-02
How to Cite
Heriyanti, A., Khusniati, M., Pamelasari, S., Atunnisa, R., & Trirtasari, N. (2022). PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH ANORGANIK RUMAH TANGGA DALAM PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN BERNILAI EKONOMIS DI KELURAHAN JATIREJO SEBAGAI BINAAN FMIPA UNNES. BERDAYA Indonesian Journal of Community Empowerment, 1(2), 6-12. https://doi.org/10.15294/berdaya.v1i2.51380
Section
Articles