PENGEMBANGAN SISTEM SCALE CHORD DALAM PEMBELAJARAN HARMONI MANUAL PADA PROGRAM STUDI MUSIK GEREJA SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN PROTESTAN NEGERI SENTANI JAYAPURA

  • Yakobus Kilay Prodi Pendidikan Seni,Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Development, Scale Systems Chord, Harmony at the Keybord, Church Music

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem Scale Chord matakuliah  Harmoni Manual dengan mengkonversikan sistem penotasian dari notasi balok ke-notasi angka disertai dengan simbol-simbol akor, penjarian dan pertandajarian sehingga mempermudah mahasiswa dalam belajar keyboard. Hasil penelitian menunjukkan:(1) pengembangan Sistem Scale Chord pembelajaran Harmoni Manual yang mengadopsi model (Borg & Gall) menghasilkan system Scale chord yang, praktis; (2) jenis informasi yang diperoleh ketika model Scale Chord diterapkan adalah hasil pengamatan dan penilaian kemampuan, pemahaman terhadap keterampilan proses sistem scale chord dan kualitas produk; (3) pemanfaatan pokok hasil penilaian Sistem Scale Chord digunakan sebagai umpan balik kepada mahasiswa dan refleksi bagi Dosen Harmoni manual untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran; (4) tingkat keterlaksanaan dan efektivitas Sistem  Scale Chord dalam pembelajaran Harmoni manual cukup tinggi. Hal ini terbukti baik dari hasil pengamatan langsung maupun hasil-hasil empirik. (5) ditemukan adanya perbedaan yang signifikan dibandingkan model konvensional (Pilling).

Abstract

This study aims to develop a system of  course Harmony at the Keyboard Scale Chord by converting the system of  notation beam the notation numbers along with chord symbols, and fingerings that facilitate students in learning the keyboard.The results showed: (1) developing the learning Chord Scale System adopted Harmony at t the keyboard type of  information that is obtained when applied Chord Scale models are the result of  observation and assessment skills, understanding the chord scale systems process skills and the quality of  the product, (3) the principal use of  assessment results chord Scale system is used as feedback to students and lecturers reflection for Harmony at the keyboard to enhance learning effectiveness, (4) the level and effectiveness chord Scale systems in learning Harmony manual is quite high. It is evident from the results of  direct observation and empirical results. (5) found a significant difference compared to conventional models (Pilling).

Section
Articles