PENGEMBANGAN MEDIA MOTION COMIC BERBASIS INKUIRI UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Irma Asmarani
Woro Sumarni
Sri Wardani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran kimia dalam bentuk motion comic berbasis inkuiri untuk mengukur tingkat kelayakan, mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media pada proses pembelajaran, serta menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R & D) model 4-D. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil validasi ahli media dan ahli materi, tanggapan siswa pada uji coba skala kecil, hasil post test siswa dan tanggapan siswa pada uji coba skala besar. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media motion comic berbasis inkuiri yang dikembangkan telah memenuhi unsur penyajian sebuah media yang layak digunakan untuk proses pembelajaran kimia. Media pembelajaran dikatakan dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil post test siswa telah mencapai nilai KKM (nilai ≥ 75) dengan ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 85,71%. Selain itu, siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan pada proses pembelajaran kimia materi sistem koloid. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media motion comic berbasis inkuiri yang dikembangkan layak, mendapat tanggapan positif dari siswa, dan dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##