KOMPARASI HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DAN THINK PAIR SHARE

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Khaerunnisa Khaerunnisa
Woro Sumarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar pada materi buffer dan hidrolisis dengan menggunakan model Learning Cycle 5E dan Think Pair Share. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan menggunakan model Learning Cycle 5E dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen 2 dengan menggunakan Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan posttest only control desain. Hasil uji perbedaan rata-rata 2 pihak nilai posttest pada taraf kepercayaan 95%, diperoleh hasil bahwa ada perpedaan hasil belajar yang signifikan. Dari uji perbedaan rata-rata satu pihak kiri diperoleh hasil bahwa hasil belajar kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil uji ketuntasan belajar klasikal yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal kelas eksperimen 1 yaitu 91, 18% dan kelas eksperimen 2 yaitu 81,08%. Hasil afektif dan psikomotorik juga menunjukkan kelas eksperimen 1 lebih baik dari kelas eksperimen 2. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model Learning Cycle 5E lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model Think Pair Share.

 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Arianti, P. 2011. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 8 Surakarta. Surakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Sebelas Maret.

Azizah, N. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Matematika Anak Tuna Rungu. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 4(1): 1-16

Azlina, N. & Nik, A. 2010. CETLs : Supporting Collaborative Activities Among Students and Teachers Through the Use of Think Pair Share Techniques. IJCSI : International Journal of Computer Science Issues, 7(5): 18-29.

Boddy, N., Watson, K. & Aubusson, P. 2003. A Trial of the Five E’s: A referent model for contructivist Teaching and Learning. Research in Science Education. 33(1): 27-42

Fajaroh, F. & Dasna, I. W. 2004. Penggunaan Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif dalam Bahan Makanan pada Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Tumpang Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2): 112-122

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rifai, A. & Anni, C. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Rosmaini. 2004. Penerapan Pendekatan Struktural Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa 1.7 SLTP 20 Pekanbaru pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hewan. Jurnal Biogenesis.1(1): 13-25.

Sa’dijah, C. 2002. Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivis Topik Persamaan dan Pertidaksamaan Satu Peubah Untuk Siswa Kelas I SLTP. Tugas Akhir. Malang: Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyitno, A. 2001. Dasar-dasar proses pembelajaran matematika. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

Wilder, M. & Shuttleworth, P. 2004. Cell Inquiry: A 5E Learning Cycle Lesson. Science Activities, 41(1): 37-43.

Yalcin, F. A. & Ceken, S. B. 2010. The Effect of 5E Learning Model on Pre-Service Science Teachers’ Achievement of Acids-Bases Subject. International Online Journal of Educational Sciences, 2(2) 508-531.