EFEKTIVITAS PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING DENGAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

utari yulianingsih
Subiyanto Hadisaputro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Student Centered Learning dengan Inkuiri Terbimbing efektif untuk meningkatkan hasil belajar kimia materi pokok hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2012/2013, yang terdiri atas 10 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontol. Variabel yang diteliti adalah hasil belajar siswa, dengan desain penelitian pretest and posttest group design. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Analisis awal menunjukkan kedua kelas berdistribusi normal, variansinya sama, dan rata-rata nilai pretestnya tidak berbeda. Analisis akhir menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kesimpulan ini didasarkan pada uji t kedua nilai posttest. Hasilnya adalah nilai thitung = 3,5572 sedangkan nilai ttabel pada 5% adalah 2,00. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabel sehingga nilai posttest eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen dan kontrol memenuhi KKM 72 dan kelas eksperimen mencapai ketuntasan 93,94% sedangkan kelas kontrol mencapai ketuntasan 78,79%. Hal ini menunjukkan bahwa kelas ekperimen telah mencapai ketuntasan belajar klasikal yaitu lebih dari 85% sedangkan kelas kontrol belum mencapai ketuntasan belajar klasikal. Penilaian afektif dan psikomotor, rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Student Centered Learning dengan Inkuiri Terbimbing efektif untuk meningkatkan hasil belajar kimia materi pokok hidrokarbon siswa kelas X.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Afiatin, T. 2005. Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning. Tersedia di www.inparametric.com [diakses 15-05-2012].
Hamalik, O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Makmun, A.S. 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung : Rosdakarya.
O’Neill G. & McMahon T., 2005, Student-centred learning: What does it mean for students and lecturers?. Tersedia di www.aishe.org/readings/2005-1/oneill-mcmahon- Tues_19th_Oct_SCL.pdf [diakses 25-05-20012].
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta..
Trianto. 2007. Model- model Pembelajaran Inovatif Beorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.