EFEKTIVITAS CLASSROOM REFLECTION ASSESSMENT MELALUI COOPERATIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zunaida Aisha
Sri Nurhayati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan classroom reflection assessment melalui cooperative learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Jepara. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1  dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen 2. Analisis data awal populasi hasilnya data berdistribusi normal dan homogenitasnya sama. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian komparasi dengan menerapkan cooperative learning pada kedua kelas, namun hanya kelas eksperimen 1 yang mendapatkan classroom reflection assessment. Hasil penelitian menunjukkan uji kesamaan dua varians menunjukkan varians data post test kedua kelas eksperimen sama. Rata-rata post test kelas eksperimen 1 sebesar 81,14, kelas eksperimen 2 sebesar 76,03. Perhitungan uji t menunjukkan thitung 2,274  lebih dari tkritis 1,993 untuk derajat kebebasan 73 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2. Nilai afektif dan psikomotorik siswa kedua kelas eksperimen dalam kategori baik dengan presentase skor >70%. Hasil penelitian menunjukkan Classroom Reflection Assessment melalui Cooperative Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar kimia materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##