PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIFNUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tri Anjasmorowati
Sri Haryani
Eko Budi Susatyo

Abstract

Pembelajaran di dalam kelas yang kurang melibatkan aktivitas siswa akan menyebabkan siswa bosan dan mencari kesibukan sendiri. Hal tersebut membuat siswa tidak fokus terhadap materi yang diajarkan, sehingga siswa mengalami kesulitan memahami konsep materi tersebut. Pendidik harus bisa mencari cara untuk menciptakan suasana pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan mudah memahami konsep materi yang diberikan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan pemahaman konsep materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5 dan XI IPA 6 SMA N11 Semarang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest and postest group design. Sampel diambil dengan teknik random sampling.Hasil pengambilan sampel didapatkan kelas eksperimen (XI IPA 5) sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol (XI IPA 6) sebanyak 36 siswa.Perhitungan hasil penelitian diperoleh data rata-rata klasikal aktivitas fisik dan mental kelas eksperimen sebesar 76.63% dan 79,57%, sedangkan rata-rata klasikal aktivitas fisik dan mental kelas kontrol sebesar 68,35% dan 63,05%. Untuk hasil penelitian pemahaman konsep diperoleh perhitungan uji observasi berpasangan thitung lebih besar dari ttabel, yaitu thitung 23,41 dan ttabel 12,71.Dari hasil uji observasi berpasangandapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan pemahaman konsep materi siswa kelas eksperimen lebih baik dari peningkatan pemahaman konsep materi siswa kelas kontrol.Aktivitas siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih baik dari kelas kontrol.Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas siswa dan pemahaman konsep materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Kata kunci :Aktivitas Siswa,ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Pemahaman Konsep

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ahmadi, A & W. Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aqib, Z. 2010. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budi, Triton Prawira. 2006. SPSS 13.0 terapan: Riset statistik parametric. Yogyakarta : Andi. Dessler, Gary

Chang, Raymond. 2005. Kimia Dasar Konsep-konsep Inti Edisi Ketiga Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Daryanto.2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Fujianti, R.R., W. Setiawan, & Munir. 2011. Penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan Pendekatan SAVI dalam Meningkatkan Hasil Belajar TIK Siswa. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Hamalik, O. 2009.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Haydon, T., L. Maheady, & W. Hunter. 2010. Effects of Numbered Heads Together on the Daily Quiz Scores and On-Task Behavior of Student With Disabilities. Journal of Behavioral Education, 19(3) : 222 – 238. Tersedia di http://search.proquest.com/docview/748228560/fulltextPDF/13673C66582313D51BF/1?accountid=48290 [diakses tanggal 2-5-2012]

Johari, J.M.C & M. Rachmawati. 2009. Kimia SMA dan MA untuk Kelas XI. Jakarta: Erlangga

Krathwohl, D. R. 2002. “A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview”. Dalam Theory Into Practice, New York: The Ohio State University.


Kusuma, E., N. Wijayati, & L. S. Wibowo.Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbasis SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Laju Reaksi.Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol. 2. No. 1 (2008): 216-223

Mardapi, J. 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Nuha Medika

Melati, H. A. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Sungai Ambawang Melalui Pembelajaran Model Advance Organizer Berlatar Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan (2012) 619-630. Diakses Tanggal 4 Maret 2012.

Pietersz, F & H. Saragih. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Pencapaian Matematika Siswa di SMP Negeri 1 Cisarua.Prosiding Seminar Nasional Fisika (2010) 432-438. Diakses Tanggal 22 Juni 2012.

Sanjaya, W. 2011.Strategi Pembelajaran Berorientasi Stanfar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Media.

Sharan, S. 2012. The Handbook of Cooperative Learning (Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran Untuk Memacu Keberhasilan Siswa di Kelas). Yogyakarta: Familia (Grup Relasi Inti Media)

Silberman, M. 2005. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif.Translated by Sarjuli et al. 2007. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Slavin, R. E. 2005.Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, 2005.Metode Statistika. Bandung: PT Tarsido Bandung.

Sugiyono, 2009.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

. 2010. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset

. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyono, S. 2011. Psikometri.Jakarta : Pusat Pengembangan Bahan Ajar Universitas Mercu Buana

Suminar. 2001. Prinsip-Prinsip Kimia Modern. Jakarta: Erlangga

Supardi, Kasmadi I & G. Luhbandjono. 2008. Kimia Dasar II. Semarang: UPT UNNES Press

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Walgito, Bimo. 2007. Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi Offset

Widodo, S., S.E. Sukiswo, & N.M.D. Putra. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Pada Pokok Bahasan Besaran dan Pengukuran. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1) : 42-46.