Implementasi Peer and Self Assessment pada Pembelajaran SPK untuk Mengukur Peningkatan Performance Mahasiswa dalam Strategi Mengajar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tira Triscahyaningrum
Endang Susilaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan peer and self assessment pada perkuliahan SPK dan mengukur peningkatan performance mahasiswa dalam strategi mengajar. Jenis penelitian adalah penelitian penerapan, instrumen penelitian yang teruji diterapkan melalui pelaksanaan peer and self assessment pada performance mahasiswa. Sampel diambil dengan teknik purposif sampling. Prosedur penelitian yaitu menyusun instrumen penelitian, validasi instrumen,uji coba melalui implementasi performance pertama, analisis data uji coba,penyempurnaan instrumen penelitian, implementasi,analisis data implementasi,menyimpulkan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, rubrik, dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan performance berkatagori baik dari 6 mahasiswa menjadi 31 mahasiswa, berkatagori cukup dari 32 mahasiswa menjadi 7 mahasiswa. Hasil kemampuan mahasiswa dalam peer assessment dianalisis dengan mencari IKK diperoleh yang termasuk katagori sangat baik 5 penilaian, baik 10 penilaian, cukup 30 penilaian, kurang 24 penilaian, kurang sekali 11 penilaian. Hasil penilaian peer and self assessment dihubungkan dengan kesepahaman dosen diperoleh hasil peer assessment yang sepaham dengan penilaian dosen 36 penilaian dan tidak sepaham dengan penilaian dosen 44 penilaian, hasil self assessment sepaham dengan dengan dengan penilaian dosen 19 mahasiswa, dan tidak sepaham dengan penilaian dosen 21 mahasiswa. Hasil analisis angket respon mahasiswa sebagian besar merespon setuju terhadap pelaksanaan peer and self assessment pada performance dalam strategi mengajar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Astuti, P. 2012. Pengembangan Instrumen Assessment Autentic Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Ekskresi. Thesis. Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang

Bostock,S. 2002. Student Peer Assessment. [online]. http://www.keele.ac.uk/depts/aa/landt/lt/docs/bostock_peer_assessment.htm. Tanggal 9 Desember 2013

Emilia.F. 2013. Kefektifan Self and Peer Assessment pada Praktikum Kimia Materi Titrasi Asidi Alkalimetri. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang
Kennedy,G. 2006. Peer Assessment in Groups Projects : Is it worth it? Proceedings of the Seventh Australasian Computing Education Conference. Newcastle: Australian Computer Society,Inc

Kiliq,Elif Dogan.2007.Measure for University Studen Attitude Toward Peer Assessment. World Appplied Science Journal. Vol 2(s) : 707-711

Luca,J. 2002. A Question of Balance : Using Self and Self Assessment effectively in Teamwork. ASCILITE 2002 conference proceedings.Australia :Edth Cowan University

Majdodin,Khatijej. 2010. Peer Assessment Alternative to Traditional Testing. MJAL Vol (2) 396-405

Megawati, D. 2013. Penerapan Peer Assessment dalam Penilaian Kemampuan Komunikasi Siswa SMP pada Konsepp Keanekaragaman Makhluk Hidup. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia

Putra,HS. 2012. Pengembangan Rubrik Penilaian untu Digunakan Guru dalam Menilai Hasil Tulisan Siswa SMA. Thesis.Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Indonesia

Ross,JA.2006. The Reliability,Validity, and Utility of Self Assessment. Practicai Assessment.Reseacrh &evaluation vol 11 Number 10 Hal 1-13