IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING BERBANTUAN HANDOUT KEY RELATION CHART

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Diana Anisa Rahmawati
Ersanghono Kusuma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar melalui implementasi pembelajaran systematic approach to problem solving berbantuan handout key relation chart. Desain penelitian adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cilacap. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen 82,81 dan kelas kontrol 75,94 dengan ketuntasan klasikal kelas eksperimen 87,5% dan kelas kontrol 68,75%. Hasil uji peningkatan nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran systematic approach to problem solving berbantuan handout key relation chart dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Hasil belajar afektif diperoleh rata-rata nilai siswa kelas eksperimen 79,07 dan kelas kontrol 69,14. Hasil belajar psikomotorik diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 87,01 dan kelas kontrol 85,16. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran systematic approach to problem solving berbantuan handout key relation chart dapat meningkatkan hasil belajar yang signifikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Diana Anisa Rahmawati, jurrusan kimia Universitas Negeri Smarang

Pendidikan Kimia

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam