PENGEMBANGAN QUIZIZZ-ASSISTED TEST BERBASIS LITERASI PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT NONELEKTROLIT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Riska Setiyoningtyas
Kasmui Kasmui

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemanfaatan teknologi pembelajaran  online terutama dalam  masa pandemi covid-19 sepanjang tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis literasi sains berbantuan aplikasi Quizizz yang layak, valid dan reliabel, serta menjenjangkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (define, design, develop, dissemination)  yang menggunakan subjek 100 peserta didik di salah satu  SMA Negeri di Kabupaten Kudus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes berupa soal literasi sains dan instrumen non tes berupa lembar validasi dan angket. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 35 butir soal pilihan ganda instrumen tes berbasis literasi sains dengan validitas isi 47 dari skor maksimal 52 dan validitas rata-rata 0,449, dan reliabilitas akhir 0,886. Media quizizz yang dinyatakan layak dan praktis oleh ahli dengan skor 51 dari skor maksimal 56, melalui angket tanggapan oleh peserta didik dengan skor 33 dari skor maksimal 40, dan melalui angket tanggapan guru dengan skor 40 dari skor maksimal 44. Profil kemampuan literasi peserta didik kelas X di lokasi penelitian yaitu 50,16% pada aspek konteks, 58,46% pada aspek pengetahuan,  53,36% pada aspek kompetensi, dan 57,14% pada aspek sikap.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)