PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERINTEGRASI DENGAN AUTHETIC ASSESMENT PADA PRAKTIKUM KIMIA SMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurul Huda Ervina
Ida Agustiani
Endang Susilaningsih
Harjito Harjito

Abstract

Masalah yang ditemukan yakni keterampilan proses sains terintegrasi siswa dalam pembelajaran kimia masih kurang, salah satu cara penyelesaian pembelajaran yang mampu diterapkan yakni dilakukan penilaian autentik. SMA Negeri 1 Gubug merupakan salah satu sekolah yang memiliki masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi keterampilan proses sains terintegrasi siswa setelah dengan aunthentic assessment. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA 7 dengan jumlah siswa sebanyak 34. Pelaksanakan pra siklus digunakan sebagai uji coba instrumen observasi dan angket. Reliabilitas instrumen observasi dianalisis menggunakan inter rater reliability sedangkan reliabilitas angket menggunakan Cronbach Alpha. Selama pelaksanaan siklus 1 ada beberapa bagian berhasil dilaksanakan serta menandakan hasil yang baik dan beberapa bagian lain yang masih terjadi kesalahan. Aspek keberhasilan yaitu keterampilan proses sains siswa di laboratorium, pembuatan laporan sementara dan penilaian sikap di laboraotorium. Siklus 2 berfungsi sebagai penguatan siklus 1. Hasil yang diperoleh menandakan perbaikan dan peningkatan, seluruh aspek yang dinilai dalam penelitian ini sudah mencapai hasil maksimal dan ijin waktu penelitian sudah berakhir maka penelitian ini selesai pada siklus 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa authetic assesment pada praktikum kimia SMA N 1 Gubug dapat meningkatkan keterampilan proses sains terintegrasi.

 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Abidin, Y., 2012. Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, II(2), pp. 164-178.
Aisha, Z. & Nurhayati, S., 2013. Keefektifan Classroom Reflection Assessment Melalui Cooperative Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar. Chemistry in Education, II(2), pp. 178-184.
Djemari, M., 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes Nontes. Yogyakarta: PT Mitra Cendekia.
Ghozali, I., 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartati, M., 2010. Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 14(9), pp. 68-76.
Khasanah, N. & Madlazim, 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPBA pada siswa kelas XI SMA untuk melatihkan keterampilan proses. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), III(1), pp. 35-39.
Neni, H., 2008. Pembelajaran IPA dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Ketrampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar , Bandung: Tesis Magister Pendidikan IPA Konsentrasi IPA SD, Sekolah Lanjutan UPI .
Nunnally, 1978. Psychometric. New York: Mc. Graw Hill.
Richard J, S., Judith A, A., Chappuis, J. & Chappuis, S., 2007. Classroom Assessment for Student Learning. In: Doing It Right - Using It Well. New Jersey: Pearson Education, Inc, pp. 28-46.
Ross, M. P. & Siegenthaler, L. S., 2006. Asessment for learning and motivation. Sydney, University of Western Sydney.
Rustaman, Y. N., 2007. Penilaian Otentik (Authentic Assessment) dan Penerapannya Dalam Pendidikan Sains, Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI.
Setyaningsih, Y., 2013. Peningkatan Keterampilan Laboratorium Melalui Metode Praktis Demonstratif Pada Kurikulum Sistem Kredit Semester. Chemistry in Education, II(2), pp. 126-133.
Subali, B., 2011. Pengukuran Kreativitas Keterampilan Proses Sains dalam Konteks Assessment, Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susila, I. K., 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (Performance Assessment) Laboratorium pada Mata Pelajaran Fisika Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA Kelas X di Kabupaten Gianyar, Gianyar: Disertasi, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Susilaningsih, E., 2013. Model Evaluasi Praktikum Kimia di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Yogyakarta: Disertasi, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Syafitri, W., 2010. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa melalui pendekatan inkuiri pada konsep sistem koloid, Jakarta: Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah.
Tierney, R. D., 2006. Changing practices : Influences on Classroom Assessment. Assessment in Education , 13(3), pp. 239-264.