Komparasi Hasil Belajar dengan Model Problem Based Learning dan Inquiry SMAN 1 Wiradesa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Febilia Dhita Serfanda
Sri Mantini Sedyawati
Sri Nurhayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dengan penggunaan model PBL dan inquiry. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling terpilih kelas X IPA 5 dengan model PBL, kelas X-IPA 6 dengan model Inquiry. Setelah dianalisis menggunakan uji anava satu jalur menunjukkan bahwa F hitung sebesar 0,0051 dan F tabel sebesar 4,28 dengan derajat kebebasan 1 dan taraf signifikansi 5%. Sehingga F hitung < F tabel maka Ho diterima artinya penggunaan model PBL dan inquiry tidak memberikan perbedaan secara signifikan (Sumber: Data Primer). Penilaian hasil belajar dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar pada aspek kognitif, aspek afektif kelas PBL lebih baik daripada kelas inquiry dalam aspek Percaya diri, Komunikatif, dan Kerjasama. Sedangkan perolehan skor pada aspek Kritis, Demokratis, Santun, Antusiasme dan rasa ingin tahu,  Tanggung Jawab, Gotong Royong, Spiritual, Teliti, Jujur, Disiplin, dan Damai tidak berbeda secara signifikan. Sedangkan aspek psikomotorik kelas PBL yaitu kemampuan mempertahankan pendapat lebih baik daripada kelas X-IPA 6, dan pada aspek lain yaitu bahan presentasi, pemahaman materi presentasi, penguasaan kondisi audiens, dan kelantangan suara tidak berbeda secara signifikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##