Pengembangan Asesmen Tes Penilaian Bermuatan Triangle Level pada Pemahaman Konsep Materi Laju Reaksi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tasya Syalsya Dhila
Endang Susilaningsih
Nanik Wijayati
Agung Tri Prasetya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik three tier multiple choice bermuatan triangle level makroskopis, mikroskopis, dan simbolis  pada materi laju reaksi. Metode penelitian ini merupakan R&D dengan desain penelitian ini adalah ADDIE yang terdapat dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Kaliwungu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, lembar angket validasi, soal instrumen tes, lembar angket respon peserta didik. teknik analisis data meliputi lembar validasi untuk mengetahui bukti validasi isi dan kelayakan instrumen prosuk melalui estimasi reliabilitas dengan teori klasik dan Rasch Model. Hasil dari data validasi instrumen tes diperoleh rerata skor 56 dari 64 yang termasuk dalam kategori valid tanpa revisi. Analisis kualitas instrumen tes yang dikembangkan dengan menggunakan analisis teori klasik pada uji coba skala kecil, besar dan implementasi diperoleh nilai reliabilitas secara berturut-turut 0,8267; 0,7763; 0,8163. Sedangkan apabila diukur dengan Cronbach Alpha dalam analisis Rasch Model diperoleh reliabilitas sebesar 0,82 uji coba skala kecil; 0,77 uji coba skala besar; dan 0,81 uji implementasi. Hasil reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen tes termasuk dalam kategori realiabel yang tinggi. Profil pemahaman konsep setelah dilakukan uji coba didapatkan bahwa peserta didik memiliki pemaahman konsep dalam kriteria tingkat yang sedang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4