Efektivitas Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Materi Penggunaan Mata Uang Pada Anak Tunagrahita Ringan

  • Nur Astuti Agustriyana Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang
  • Anna Undarwati Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang
Keywords: Snakes and Ladders game, Capability, Mild Mental Retardation

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jumlah subyek 8 orang. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah desain eksperimen perlakuan ulang (Time Series Design) merupakan desain eksperimen yang hanya menggunakan satu kelompok subyek serta pengukuran dilakukan berulang-ulang. Sehingga dapat membandingkan kecenderungan perubahan skor sebelum dan sesudah pemberian manipulasi melalui tes prestasi. Hasil penelitian diawali dengan kegiatan pretest dengan mean 4,2222. Selanjutnya diberikan perlakuan berupa permainan ular tangga. Hasil pretest menunjukkan perbedaan kemampuan siswa yang terbukti dengan postest pertama yang memiliki nilai mean sebesar 5,8889, Z -2,762 dan signifikansi 0,06. Selanjutnya postest pertama juga menunjukkan perbedaan kemampuan siswa yang terbukti pada postest ke dua dengan mean 7,000, Z -2,724 dan signifikansi 0,006. Postest ke dua juga menunjukkan perbedaan kemampuan siswa dengan bukti pada postest yang ke tiga memperoleh mean 8,3333, Z -2,701 dan signifikansi 0,007. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan validitas isi yang dilakukan oleh guru, dosen pembimbing, maupun siswa. Selanjutnya, reliabilitas pada penelitian ini sebesar 0,458. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan ulartangga memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan materi penggunaan mata uang pada anak tunagrahita ringan.

 

This study use experimental research the number of subjects 8 people. Experimental research design used was a re-design of the experimental treatment (Time Series Design) is an experimental design which uses only single group of subjects as well as measurements performed repeatedly. So as to compare the trend of changes in scores before and after manipulation through achievement tests. The result of the study began with a pretest with mean 4.2222. Further treatment is given in the form of snake and ladder game. Pretest results showed differences in the ability of students who proved to have the first posttest mean value of 5.8889, Z -2.762 and a significance of 0.06. Furthermore, the first post-test also showed differences in the ability of students who proved to posttest two with mean 7.000, Z -2.724 and 0.006 significance. Posttest two also showed diffefrences in the ability of students with evidence on the posttest to obtain three mean 8.3333, Z -2.701 and 0.007 significance. The validity of that used in this study was conducted using content validity by teachers, lecturers, and students. Furthermore, the reliability in this study was 0.458. The conclusion of this study is snake and ladder game gives effect to increase the ability of curency usage material toward mentally retarded children light.

References

Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Anderson, L.W. (Ed.), Krathwohl, D.R. (Ed.). 2001. A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives (Complete edition). New York: Longman.

Http://kamusbahasaindonesia.org/uang diunduh 15 Desember 2013, pukul 19.46

King, Laura A. 2012. Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika

Mangunsong, Frieda. 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus jilid 1. Depok: LPSP 3 UI

Milawati, Nurasmi Kurnia. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membilang Melalui Permainan Ular Tangga bagi Anak Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 1 No.2. Hal 329-337

Nugrahani, Rahina. 2007. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan. Jilid. 36 No.1. Hal 35-44

Ruseffendi, E.T. 1998. Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua, Guru dan SPG. Bandung: Tarsito.

Santrock. 2007. Perkembangan Anak Edisi 11 Jilid 2. Malang: Erlangga

Shadish, Cook & Campbell. 2002. Eksperimental & Quasi Eksperimental Design for General Causal Inference. USA. Houghton Mifflin Company.

Soelaiman, Darwis A. 2002. Strategi Pendidikan dalam Rancangan Qanun Pendidikan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. makalah disampaikan pada Lokakarya Pendidikan Menata Kembali Sistem Pendidikan di Nanggroe Aceh Darussalam, di selenggarakan oleh UKA-ITB Bandung, pada tanggal 6 April 2002.

Somantri, Sutjihati. 2005. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama

Sugino. 2013. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Mata Uang bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VII di SLB Negeri Tanjungpinang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 1 No.2. Hal 198-209

Published
2014-10-15
Section
Articles