PENGARUH KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH

  • Sartina Septi Purwindarini Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang
  • Sri Maryati Deliana Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang
  • Rulita Hendriyani Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang
Keywords: Father Involvement in Parenting, Learning Achievement

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap prestasi belajar anak usia sekolah Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, dengan mengambil populasi siswa kelas IV dan V SD Negeri Genuk 01 Ungaran Barat yang berjumlah 82 siswa. Keterlibatan ayah dalam pengasuhan diukur dengan skala keterlibatan ayah dalam pengasuhan. Rentang koefisien validitas item valid dari 0,315 sampai dengan 0,689. Koefisien reliabilitasnya sebesar 0,887. Prestasi belajar diambil dari jumlah nilai rapor ranah kognitif siswa pada semester I. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan ayah dalam pengasuhan tergolong dalam kriteria tinggi dengan persentase 73,2 %, Keterlibatan ayah dalam pengasuhan ditinjau dari tiap aspek keterlibatan yang tertinggi hingga rendah yaitu spiritual, sosial, intelektual, afektif dan fisik. Prestasi belajar sebagian besar siswa berada pada kriteria sedang dan rendah yaitu 73 %. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi atau p = 0,020 berarti ada pengaruh yang signifikan antara keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap prestasi belajar anak usia sekolah. Koefisien korelasi r = 0,226 menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang rendah dari keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap prestasi belajar siswa pada kelas IV dan V di SD Negeri Genuk 01 Ungaran Barat.

 

This study aimed to determine the effect of father involvement in parenting towards school age children learning achievement. This research is a quantitative correlation, which took population amount to 82 students of class IV and V West Ungaran Genuk 01 State Elementary School. Father involvement in parenting measured by father involvement in parenting scale. The validity coefficients range of valid items are from 0,315 to 0,689. This scale have reliability coefficient of 0,887. Student learning achievement taken from cognitive total value of semester 1 report. The results showed variable father involvement in parenting belonging to high criteria with percentage of 73,2 %. Father involvement in parenting terms from each aspects of involvement, the highest until lowest aspect are spiritual, social, intellectual, affective, and physic. Most of students achievement were 73 % on average and low criteria. The result showed significance value or p = 0.020 means there is a significant effect between father involvement in parenting towards school age children learning achievement. The correlation coefficient r = 0,226 showed, there is low effect of father involvement in parenting towards student learning achievement on class IV and V at West Ungaran Genuk 01 State Elementary School.

References

Andayani, B., Koentjoro. 2004. Psikologi Keluarga: Peran Ayah Menuju Coparenting. Surabaya: CV. CITRA MEDIA

Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, Burhan. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Dagun, Save. M. 2002. Psikologi Keluarga (Peranan Ayah Dalam Keluarga). Jakarta: PT Rineka Cipta

Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Rosdakarya

Desywidowati S. Nurcahayani., Zaini Rohmad, dan Siti R. CH. 2013. Jurnal Penelitian: Pola Asuh Orangtua Dengan Motivasi Belajar, Kedewasaan dan Kedisiplinan Siswa Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sidoharjo Wonogiri. Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Flouri, Eirin. 2004. Fathering and Child Outcomes. Fathering and Child Outcomes. Chichester: John & Wiley Lt

Gulo, W. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo

Gunarsa, Singgih D., Ny. Singgih D Gunarsa. 1983. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Penerbit Erlangga.

Khayati, L. Nur. 2012. Hubungan Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dan Motivasi Berprestasi Siswa MTS Wathaniyah Islamiyah Kebumen. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga.

Nurhidayah, S. 2008. Pengaruh Ibu Bekerja Dan Peran Ayah Dalam Coparenting Terhadap Prestasi Belajar Anak. Jurnal Soul, 1/2.

Pranadji, Dian K., A.Muharrifah. 2010. Interaksi Antara Remaja, Ayah, Dan Sekolah Serta Hubungannya Dengan Tingkat Stress Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Ilmu Keluarga & Konseling. Vol.3 No.1. Bogor; Institut Pertanian Bogor.

Purwanto. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Setiono, K. 2011. Psikologi Keluarga. Bandung:P.T. Alumni

Sonali, Kumari., Mishra Sunita. 2013. Assesment of Father’s Involvement in Child Care Development. IOSR Journal of Dental and Medical Sciences. Volume 7, Issue 5.

Supranto, J. 2009. Statistik: Teori dan Aplikasi (Jilid 2) Edisi 7. Jakarta: Erlangga

Tolada, T. 2012. Hubungan Keterlibatan Orangtua dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah di SD IT Permata Hati, Banjarnegara. Skripsi. Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia.

Winkel, W.S. 2012. Psikologi Pengajaran, Terjemahan Kartini Kartono. Yogyakarta: Media Abadi.

Valentina, S. 2009. Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Religiusitas Anak di Desa Bangunsari, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret

Published
2014-10-15
Section
Articles