Mengenal Matematika Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mengurutkan Pola (Pattern)

  • Nurlayli Hasanah PGPAUD FKIP Universitas Musamus Merauke
  • Hariani Fitrianti PGPAUD FKIP Universitas Musamus Merauke
Keywords: matematika, pola, anak usia dini

Abstract

Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengenal matematika anak usia dini melalui kegiatan mengurutkan pola (pattern). Matematika merupakan salah satu jenis pengetahuan yang dibutuhkan manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Matematika pada anak usia dini dapat terdiri dari konsep angka, pola dan hubungan-hubungannya, geometri, pengukuran serta pengumpulan, penyajian data dan organisasi. Konsep matematika tersebut dapat dikenalkan melalui kegiatan mengurutkan pola (pattern). Pola adalah urutan nomor, warna, benda, suara, bentuk atau gerakan yang berulang, dalam susunan urutan yang sama. Mengurutkan pola dapat dengan cara mengenalkan urutan dari yang sederhana AB AB, ABC, AA BB AA BB, AA BB CC AA BB CC dan sampai yang sulit yaitu AAB AAB, ABB ABB, ABBC ABBC dan ABDC ABCD.

Published
2019-07-23