PERAN GENDER PEREMPUAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2008-2012

  • Frestiana Dyah Mulasari Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Kesenjangan antara perempuan dan laki-laki di Provinsi Jawa Tengah masih tinggi baik dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan ketenagakerjaan. Semakin tumbuhnya perekonomian justru membuat kaum perempuan semakin terpinggirkan dan masuk semakin dalam pada kemiskinan. Oleh karena itu, perlu diteliti tentang peran gender perempuan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah dilihat dari Angka Harapan Hidup Perempuan, Rata-rata Lama Sekolah Perempuan, dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Perempuan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Gender Perempuan dilihat dari sisi kesehatan yaitu Angka Harapan Hidup Perempuan, Rata-rata Lama Sekolah Perempuan dari sisi pendidikan, dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Perempuan dari sisi ketenagakerjaan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2008-2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi dengan jenis data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif.Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah peran perempuan dilihat dari angka harapan hidup perempuan memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan laki-laki, rata-rata lama sekolah perempuan masih berada di bawah rata-rata lama sekolah laki-laki, tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan masih di bawah tingkat partisipasi angkatan kerja laki-laki. Saran dalam penelitian ini adalah peningkatan dalam pendidikan perempuan, pendidikan dan kesehatan perempuan adalah dua hal yang saling berkaitan. Apabila perempuan pendidikannya baik maka kelak generasi penerus akan memiliki kualitas yang baik pula. Dalam ketenagakerjaan adalah dilakukan peninjauan kembali kebijakan yang membuat perempuan termarginalkan dalam dunia kerja.

 Discrepancy between man and woman in Central Java which still high in health, education, and employment areas. The growing economy makes women increasingly marginalized in deeper poverty. therefore , need to be examined about the gender roles of women to economic growth in Java middle views of Women Life expectancy, average Old School Women , and the Women's Labor Force Participation Rate. The problem in this research is how the role of Female Gender in terms of health, namely Female life expectancy, average Old School Women tie the education side, and Female Labor Force Participation Rate in terms of employment for Economic Growth In Central Java province Years 2008-2012. Data collection method in this research is to use the method of documentation to the type of secondary data. Data analysis method used in this research is descriptive statistical analysis. The conclusions of this research is the role of women seen from the life expectancy of women has a better value than men , the average length of school girls still below the average length of school male,   female labor force participation rate still below the level of labor force participation of men. Suggestions in this study is the improvement in the areas of women's women's education, women's education and health are the two things are interrelated. If the education of women is good then later the next generation will have a good quality also. In the labor is done reviewing policies that make women marginalized in the world of work.

Published
2017-06-07
How to Cite
Mulasari, F. (2017). PERAN GENDER PEREMPUAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2008-2012. Economics Development Analysis Journal, 4(3), 254-263. https://doi.org/10.15294/edaj.v4i3.14832