FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) BANK UMUM DI INDONESIA

  • Martha Novalina Ambaroita PT TH Indoplantions, Indonesia

Abstract

Loan to Deposit Ratio kredit belum menunjukan optimalisasi sesuai dengan peraturan Bank Indonesia yaitu berkisar 85%-110%. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan DPK, CAR, dan NPL, dan menganalisis bagaimana pengaruh CAR, DPK, NPL, terhadap LDR dalam jangka pendek dan jangka panjang bank umum di Indonesia. Data yang digunakan adalah time series berdasarkan bulanan tahun 2009-2013 yang diperoleh dari Bank Indonesia dan Otoritas jasa keuangan (OJK). Metode analisis yang digunakan adalah Error Corection Model (ECM) dan menggunakan uji asumsi klasik. Hasil dalam jangka panjang CAR tidak berpengaruh terhadap LDR, dalam jangka pendek CAR berpengaruh positif terhadap LDR bank umum di Indonesia, dalam jangka panjang DPK berpengaruh positif terhadap LDR dan dalam jangka pendek DPK tidak berpengaruh terhadap LDR bank umum di Indonesia, dalam jangka panjang NPL berpengaruh negatif terhadap LDR dan dalam jangka pendek NPL berpengaruh positif terhadap LDR. Saran untuk DPK diusahakan semaksimal mungkin. Berbagai inovasi terus dimunculkan dan berbagai strategi dimunculkan agar DPK yang efektif dan agar dalam jangka pendek dan jangka panjang dapat lebih maksimal sehingga tidak ada hambatan.

 Loan to deposit ratio not show that the optimization of credit in accordance with the bank indonesia but range 85 % -110 % . This study attempts to mendiskripsikan dpk , car , and non-performing loans of the , and analyze how the influence of car , dpk , non-performing loans of the , against ldr in the short term and longer term commercial banks in indonesia . The data used was based on time series monthly koni year obtained from bank indonesia and the authority of financial services ( ojk ) . In the long run this results not affect the ldr, on this positive effect on short-term ldr commercial banks in indonesia; the positive effect on long-term deposits ldr in short-term deposits do not affect the ldr commercial banks in indonesia; in its negative effects towards long-term and short-term npl ratio ldr in a positive impact on the ldr.Suggestions for dpk tried their best.Various innovations is raised and raised by various strategies for effective and so in the short term and long term will exceed the maximum that no obstacles.

Published
2017-06-07
How to Cite
Ambaroita, M. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) BANK UMUM DI INDONESIA. Economics Development Analysis Journal, 4(3), 273-281. https://doi.org/10.15294/edaj.v4i3.14834