ANALISIS DAYA SAING EKSPOR SEKTOR UNGGULAN DI JAWA TENGAH

  • Wiwit Santi Wahyuningsih Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi industri unggulan yang ada di Jawa Tengah, dan kemudian industri unggulan tersebut diidentifikasi mana saja yang mempunyai daya saing ekspor. Penelitian ini menggunakan data PDRB Jawa Tengah dan PDB Tahun 2010-2015, Tabel Input Output Jawa Tengah Tahun 2013, serta data Ekspor-Impor Jawa Tengah Tahun 1997-2015. Data tersebut diperoleh dari data sekunder, yaitu dengan memanfaatkan data yang telah tersedia pada instansi terkait. Penelitian ini mengunakan alat analisis Indeks Daya Penyebaran (IDP), Indeks Derajat Kepekaan (IDK) dan Revealed Comparative Advantage (RCA). Dari hasil IDP dan IDK terdapat 9 industri unggulan di Jawa Tengah yaitu industri pengolahan dan pengawetan ikan, industri minyak dan lemak, industri penggilingan padi, industri tepung terigu dan tepung lainnya, industri makanan ternak, industri pemintalan, industri tekstil, industri kayu dan bahan bangunan dari kayu, serta industri karet dan barang dari karet. Tetapi dari 9 industri unggulan tersebut yang memiliki daya saing ekspor tinggi hanya ada 3 industri yaitu industri dengan IDP>1, IDK>1 dan RCA>1 yang meliputi industri pemintalan, industri tekstil, dan industri kayu dan bahan bangunan dari kayu. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sektor industri yang dapat diandalkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui ekspor dan memiliki daya saing ekspor yang sangat bagus serta memilki harga jual tinggi yaitu hanya industri pemintalan, industri tekstil, dan industri kayu dan bahan bangunan dari kayu. Maka dari itu sebaiknya kebijakan pemerintah lebih ditekankan pada sektor hulu dan sektor hilir dari industri-industri tersebut.

This research’s aim is to identify the leading manufactures in central Java then identify which of those industries have the export competitiveness. This study used data of Central Java’s Gross Domestic Regional Product (GDRP) and Gross National Product (GNP) on 2010-2015, Input Output Table on 2013, as well as export-import on 1997-2015. These data was obtained from secondary data, which available from the relevant agencies. This research rely on Forward Linkage Index (FLI), Backward Linkage Index (BLI) and Revealed Comparative Advantage (RCA) analysis tools. There are 9 leading manufacturing industries conducted from the result. Those manufactures are processing and preserving fish industry, oils and fats industry, rice milling industry, wheat flour industry, live and fock feeds industry, knitting industry, textile industry, wood and products of wood industry, and rubber and products of rubber industry. However, out of 9 leading industries there are only 3 industries that have the high export competitiveness. These industries have Forward Linkage Index (FLI)>1, Backward Linkage Index (BLI) >1, and RCA>1 consisting knitting industry, textile industry, and wood and products of wood industry. From this study, it can be concluded that the reliable manufacturing sectors to boot the economy growth through exports, having a good export competitiveness as well as high selling prices are those 3 industries. Therefore the emphasize of goverment policy should be on the upstream and down stream sectors of these industries.

Published
2017-06-07
How to Cite
Wahyuningsih, W. (2017). ANALISIS DAYA SAING EKSPOR SEKTOR UNGGULAN DI JAWA TENGAH. Economics Development Analysis Journal, 4(3), 332-349. https://doi.org/10.15294/edaj.v4i3.14840