STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL GULA AREN DI KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL

  • Siti Maemonah Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Industri kecil mempunyai peranan yang penting dalam penyerapan tenaga kerja, pemerataan pendapatan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana profil industri kecil gula aren di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, bagaimana strategi pengembangan industri kecil gula aren di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah mengetahui profil industri gula aren di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, mengetahui strategi pengembangan industri kecil gula aren di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah 107 unit usaha. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode accidental sampling dengan sampel terpilih sejumlah 30 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis matrik SWOT. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan analisis matrik SWOT, strategi yang dapat dilakukan untuk memberdayakan industri kecil gula aren di Kecamatan Limbangan adalah dengan strategi konsentrasi melalui integrasi horizontal. Artinya strategi yang diterapkan lebih defensif, yaitu menghindari kehilangan penjualan dan kehilangan profit yang di sebabkan oleh ancaman-ancaman.

Small industries have an important role in employment, income generation, and increasing society welfare. Problems in this research is to how profil of small industry in Limbangan Districts of Kendal Regency. To how palm sugar small industry stategy development in Limbangan district of Kendal Regency. The aim of this study was to know abaout small industries profile and to obtain industrial development strategy. The population in this study is palm sugar industry was 107 business units in Districts of Limbangan.. The sample in this study using accidental sampling with a selected sample of 30 respondent. Analysis of data was use SWOT analysis. The result of the SWOT analysis consentration of strategy with horizontal integrasy. That is the strategy adopted more defensive, which avoids lost sales and lost profits caused by these threats.

Published
2017-06-07
How to Cite
Maemonah, S. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL GULA AREN DI KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL. Economics Development Analysis Journal, 4(4), 414-426. https://doi.org/10.15294/edaj.v4i4.14848