Analisis SWOT untuk Menetapkan Strategi Bersaing Pada PT. Tarindo

  • Sunaryo Sunaryo Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
  • Rusdarti Rusdarti Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini, mengetahui dan menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal, serta alternatif strategi yang dapat dipilih. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data data primer dan   sekunder dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif terhadap SWOT. Hasil penelitian menunjukkan; 1). Kondisi lingkungan internal PT. Tarindo dari faktor strenght terdiri dari umur perusahaan, karyawan, mutu produk, peralatan/mesin, jaringan pemasaran, dan standar ISO 9001:2008. Faktor weaknesses terdiri dari : variasi produk, tenaga ahli,  pendidikan karyawan, dan divisi R&D. 2). Kondisi lingkungan eksternal faktor opportunity terdiri dari : pertumbuhan jumlah penduduk, ekspor, bahan baku, dan desain baru.  Faktor threath terdiri dari : produk substitusi, gaya hidup modern, harga bahan baku, dan BBM. 3). Alternatif strategi S-O dengan teknis growth yang terfokus pada stabel growth. Alternatif strategi W-O dengan teknis stability yang terfokus pada aggressive maintenance. Alternatif strategi ST dengan teknis diversification yang terfokus pada conglomerate. Alternatif strategi W-T dengan teknis survival yang terfokus pada turn arround.

The purpose of this study, investigate and analyze the internal and external environmental conditions, as well as alternative strategies can be chosen. The data used in this study is data and the primary and secondary data were analyzed using descriptive analysis of SWOT. The results showed; 1). PT Tarindo internal environmental conditions of strenght factors consist of: the age of the company, employees, product quality, equipment / machinery, network marketing, and ISO standards. Factors weaknesses consist of: the variety of products, expertise, employee education, and R & D division. 2). External environmental conditions opportunity factors consist of: population growth, export, raw materials, and designs. Threath factor consisting of product substitution, modern lifestyle, the price of raw materials, and fuel. 3). Alternative strategies S-O with growth. Alternative strategies W-O with stability. ST strategic alternatives with technical diversification. Alternative strategies W-T with survival.

Published
2018-03-14
How to Cite
Sunaryo, S., & Rusdarti, R. (2018). Analisis SWOT untuk Menetapkan Strategi Bersaing Pada PT. Tarindo. Economics Development Analysis Journal, 6(1), 86-94. https://doi.org/10.15294/edaj.v6i1.22205