Analisis Efisiensi dan Efektivitas Anggaran “Gerdu Kempling” Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan

  • Syahrir Wijanarko PT. Karabha Digdaya

Abstract

Kota Semarang sebagai Ibukota Provinsi Jawa Tengah menjadi magnet yang menarik masyarakat di Jawa Tengah untuk datang dan mengadu nasib demi kehidupan yang lebih baik. Besarnya jumlah penduduk di Semarang tidak diikuti oleh peningkatan kualitas sumber daya manusianya. Hal ini mengakibatkan peningkatan jumlah penduduk miskin yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dan menjadikan banyaknya warga miskin di Kota Semarang. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya Program Gerdu Kempling dalam usaha mengentaskan kemiskinan di Kota Semarang. Penelitian ini mengkaji efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran Program Gerdu Kempling di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan dana Gerdu Kempling dalam usaha mengentaskan kemiskinan di Kota Semarang. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase, alat analisis yang digunakan adalah Data Envelope Analysis (DEA). Hasil analisis secara deskriptif persentase menunjukkan bahwa Program Gerdu Kempling belum terselenggara secara efektif. Sedangkan hasil perhitungan data penggunaan anggaran dengan DEA dalam penelitian ini menunjukan bahwa anggaran Gerdu Kempling tidak efisien dan tidak akan pernah mencapai efisiensi karena Gerdu Kempling merupakan kebijakan di sektor publik yang berbeda dengan sektor privat. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini yaitu sebaiknya pemerintah dan para stakeholder mampu mengintegrasikan data penerima bantuan di sistem antar SKPD.

 

Semarang city as a capital city of Central Java Province become a magnet that attract Central Java people for coming and try fortune for a better life. But, huge quantitie of population in Semarang not followed by quality improvement from the human resources. This cause in an increase of the number of poverty population that not able to fulfill and makes many poverty population in the city of Semarang. This research analysis the efficiency and effectiveness of Gerdu Kempling Program budget in the city of Semarang, Central Java Province. This research purposes to knowing the use of Gerdu Kempling budget in an effort to poverty alleviation of Semarang city. The data on this research is secondary data. The method of this research is deskriptive persentage and used Data Envelope Analysis (DEA) as an analysis tool. The result in deskriptive persentage way showed that Gerdu Kempling Program not effective yet. Whereas the result of calculated budget used data with DEA in this research showed that Gerdu Kempling budget not and never be efficience because Gerdu Kempling is policy in the public sector that have a difference with private sector. Advice for this research is governement and stakeholders should able to integrate favor receiver data in inter SKPD system.

Published
2018-03-14
How to Cite
Wijanarko, S. (2018). Analisis Efisiensi dan Efektivitas Anggaran “Gerdu Kempling” Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan. Economics Development Analysis Journal, 6(1), 95-106. https://doi.org/10.15294/edaj.v6i1.22206