Strategi Pengelolaan Dana Desa untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Kalikayen Kabupaten Semarang

  • Depi Rahayu Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi tentang pengelolaan dana desa. Penelitian ini dilakukan di Desa Kalikayen Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilakukan karena dana desa memiliki implikasi yang sangat besar dan juga signifikan terhadap pembangunan desa di setiap kabupaten yang ada di Indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan alat analisis SWOT. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui mekanisme pengelolaan dana desa, mengidentifikasi perkembangan infrastruktur setelah adanya dana desa, dan menentukan strategi. Hasil dari penelitian ini menujukan mekanisme pengelolaan dana desa yang dilakukan desa kalikayen sudah sesuai dengan aturan yang ada, perkembangan infrastruktur di desa sudah jauh lebih baik, dan Strategi yang tepat untuk digunakan dalam pengelolaan dana desa yaitu dengan mengefektifkan dana-dana bantuan guna meningkatkan perekonomian serta memanfaatkan SDM yang cukup potensial.

This study was to identify the village fund management in the Kalikayen village, East Ungaran sub-district, Semarang regency. This research was conducted for the village fund had huge implications and is also significant to the development of villages in every district in Indonesia. This research uses a quantitative method using primary data and secondary data. This research using SWOT analysis tool. The purpose of this study to determine the mechanism of village fund management, identify infrastructure development after their village funds, and determine the strategy. The results of this study addressed the mechanism of fund management villages conducted village kalikayen are in accordance with existing rules, the development of infrastructure in the village is already much better, and the right strategy to be used in the management of village fund is to streamline assistance funds to support the economy and harness human resources potential.

Published
2018-03-15
How to Cite
Rahayu, D. (2018). Strategi Pengelolaan Dana Desa untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Kalikayen Kabupaten Semarang. Economics Development Analysis Journal, 6(2), 107-116. https://doi.org/10.15294/edaj.v6i2.22207