Analisis Persepsi Masyarakat Pada Corporate Social Responsibility Sebagai Upaya Kesejahteraan Masyarakat

  • Shella Defisa Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat akan dampak lingkungan keberadaan perusahaan, informasi CSR, dan manfaat  CSR dan hubunganya dalam upaya kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan data ordinal dengan 97 responden. Sampel penelitian masyarakat Desa Nolokerto Kabupaten Kendal.  Model Penelitian analisis deskriptif persentase dan koefesien korelasi dengan alat analisis SPSS. Hasil penelitian diperoleh distribusi frekuensi Dampak lingkungan yang  dihasilkan dari aktifitas perusahaan adalah polusi udara, polusi suara dan udara panas akibat asap dirasakan oleh masyarakat. Informasi CSR telah di informasikan kepada masyarakat sebagai pengetahuan dari kegiatan CSR perusahaan ya  Manfaat  CSR sudah memberikan mafaatnya hanya  pemerataannya yang kurang merata terhadap masyarakat. Masyarakat puas terhadap CSR yang telah diberikan perusahaan Tossa Shakti kepada masyarakat Desa. Koefesien korelasi Rank Spearman variabel dampak lingkungan keberadaan perusahaan, informasi CSR, dan manfaat CSR mempunyai hubungan korelasi dengan kesejahteraan masyarakat Nilai thitung dari semua variabel lebih rendah dibanding nilai ttabel berarti variabel dampak lingkungan, informasi CSR, dan manfaat CSR tidak terdapat korelasi secara yang nyata dengan kesejahteraan masyarakat.

The purpose of this research is to know the perception of society about environmental impact of company existence, information of CSR, and the benefit of CSR and its relation in society prosperity effort. This study uses ordinal data with 97 respondents. Samples of Nolokerto Village community research Kendal Regency. Model Research descriptive analysis percentage and correlation coefficient with SPSS analysis tool. The results obtained by the frequency distribution The environmental impacts resulting from the company's activities are air pollution, noise pollution and hot air due to the smoke felt by the community. Information CSR has been informed to the community as knowledge of CSR activities of the company yes Benefits of CSR has given its mafaatnya only equitable distribution of the community. People are satisfied with the CSR that Tossa Shakti has given to the village community. The correlation coefficient of Rank Spearman variable of environmental impact of company existence, CSR information, and CSR benefit have correlation correlation with society welfare Tcount value of all variable is lower than ttable value means environmental impact variable, CSR information, and CSR benefit there is no real correlation with public welfare.

Published
2018-08-02
How to Cite
Defisa, S. (2018). Analisis Persepsi Masyarakat Pada Corporate Social Responsibility Sebagai Upaya Kesejahteraan Masyarakat. Economics Development Analysis Journal, 7(3), 339-347. https://doi.org/10.15294/edaj.v7i3.23552