ANALISIS KEPUTUSAN TENAGA KERJA PERDESAAN MELAKUKAN MIGRASI SEKTORAL DI LUAR PERTANIAN

  • Yuliyanto Yuliyanto Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Productive age rural labor, decision, outside the farming sector, triangulation, Tenaga kerja perdesaan usia produktif, keputusan, sektor di luar pertanian, triangulasi

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Fenomena migrasi sektoral tenaga kerja perdesaan usia produktif yang didominasi oleh arus migrasi dari sektor pertanian ke sektor di luar pertanian dapat dikatakan sudah merata terjadi di wilayah Jawa Tengah, bahkan di daerah yang ditetapkan sebagai basis pertanian di Jawa Tengah. Salah satunya adalah Kabupaten Temanggung yang merupakan satu dari lima Kabupaten penghasil Tembakau terbesar di Jawa Tengah. Penelitian ini menganalisis keputusan tenaga kerja perdesaan usia produktif melakukan migrasi sektoral di luar pertanian yang terjadi di Kabupaten Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis triangulasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer yang diperoleh dari 100 sampel angkatan kerja yang telah bekerja baik di sektor pertanian maupun di luar sektor pertanian yang berada di Kabupaten Temanggung. Hasil triangulasi menunjukkan dan menjelaskan alasan tenaga kerja perdesaan usia produktif melakukan migrasi sektoral di luar pertanian.

 

Abstract

___________________________________________________________________

Sectoral migration phenomenon of productive age rural labor occur in Central Java. The migration is dominated by the migration from agriculture to non agriculture. Temanggung district is one of big five district tobacco producer in Central Java. This research analyze the decision of productive age rural labor migration outside the farming in Temanggung district. It was used triangulation method. Types of data used are primary and secondary data. Primary data were obtained from 100 samples of the labor force that has worked in the agricultural sector and outside the agricultural sector, which is in Temanggung district. Results of triangulation show and explain the reason of productive age rural labor have decicion for migration outside the agricultural sector.

References

BadanPusat Statistik Kabupaten Temanggung. 2009. Temanggung Dalam Angka Tahun 2009. Temanggung: Badan Pusat Statistik Kabupaten Temanggung.

Davis, Junior R and Dirk Bezemer. 2003. Key Emerging and Conceptual Issues in The Development of The RNFE in Developing Countries and Transsition Economies. (online serial) Diperoleh dari http://projects.nri.org/rnfe/pub/papers/2755.pdf. (20 Maret 2012).

Effendi, Tadjuddin Noer., Anna Marie Watie, dan Budi Puspo Priyadi. Kegiatan Non – Farm di pedesaan.Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gadjah Mada.

Harris, Michael. 2000. Human Resources Management Second Edition: USA: Harcourt Brace & Company.

Majid, Fitria dan Herniwati Retno Handayani. 2012. “Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Perempuan Berstatus Menikah untuk Bekerja (Studi Kasus Kota Semarangâ€. Dalam Diponegoro Journal of Economics. Vol. 1, No. 1. Hal 1 – 9. Semarang: Universitas Diponegoro.

Prabowo, Haris C. 2011. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Tenaga Kerja Desa untuk Bekerja di Kegiatan Non – Pertanian. Skripsi. Semarang: FE UNDIP.

Purnomo, Didit. 2009. “Fenomena Migrasi Tenaga Kerja dan Peranannya bagi Pembangunan Daerah Asal: Studi Empiris di Kabupaten Wonogoriâ€. Dalam Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol. 10, No. 1. Hal 84 – 102. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Simanjuntak, J Payaman. 2001. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: FE UI.

Utomo, Agung Priyo. 2006. “Peluang Pekerja Wanita dalam Memilih Lapangan Pekerjaan Pertanian dan Non Pertanian di Kota Batamâ€. Dalam Jurnal Organisasi dan Manajemen Vol. 2, No. 1. Hal. 21 – 34. Batam: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.

How to Cite
Yuliyanto, Y. (1). ANALISIS KEPUTUSAN TENAGA KERJA PERDESAAN MELAKUKAN MIGRASI SEKTORAL DI LUAR PERTANIAN. Economics Development Analysis Journal, 2(4). https://doi.org/10.15294/edaj.v2i4.3216