ANALISIS PRODUKSI INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGHASIL PAHAT BATU DI KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG

  • Agastya Dwi Sukmarani Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Production, Working Capital and labour

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Produksi industri produsen domestik Scraft batu ukiran di Subdistristrict Muntilan Kabupaten Magelang, adalah aresult industri dalam negeri yang dapat ditemukan di sepanjang jalan Magelang-Jogja. Bahan yang melimpah tetapi sulit untuk memasarkan produksi mereka karena sistem ijon ijon yang menyebabkan industri dalam negeri untuk berkembang. Produksi industri dalam negeri dari batu carvingcan menjadi faktor affectedmany. Inthis studyusing variabel modal kerja, dan tenaga kerja. The purpuse penelitian ini adalah untuk menemukan mengetahui pengaruh modal kerja, lama usaha dan tenaga kerja di industri dalam negeri dalam batu Districtof ukiran Kabupaten Muntilan Magelang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data sekunder dan data primer dengan metode purposive sampling yang menggunakan sampel 79 responden. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan output (Y) sebagai variabel dependen dan tiga variabel independen, modal kerja (X1), dan tenaga kerja (X2). Hasil uji penyimpangan asumsi klasik menunjukkan data yang tidak normaliy didistribusikan dan tidak diperoleh penyimpangan. Berdasarkan theresults penelitian menunjukkan bahwa modal dan significane efek kerja yang positif, tenaga kerja dan efek positif yang signifikan. Variabel modal kerja dan buruh di industri rumah tangga di kawasan Muntilan harus dapat excersise pengaruh signifikan dalam rangka menjaga stabilitas produk mereka dan produk yang dihasilkan meningkat konsumen populer.

Abstract

___________________________________________________________________

Industrial production of domestic producers scraft of stone carving in Subdistristrict Muntilan Magelang District, is aresult of domestic industry which can be found along the way Magelang-Jogja. Materials are abundant but difficult to market their production due to the bonded labor ijon system that causes the domestic industry to thrive. Domestic industrial production of stone carvingcan be affectedmany factors. Inthis studyusing a variable working capital, and labor. The purpuse of this study is to find determine the effect of working capital, long of efforts and labour in the domestic industry in the Districtof stone carving Muntilan Magelang regency. Method used in the collect of secondary data and primary data with purposive sampling method which used a sample of 79 respondents. The analysis used is multiple linear regression with output(Y) as the dependent variable and three independent variables, working capital (X1), and labor(X2). Result of irregularities classical assumptions test showed the data were did not normaliy distributed and did not obtained a deviation. Based on theresults of the study showed that the positive working capital and significane effect, the labors and significant positive effect. Variable working capital and labours in household industries in the district Muntilan should be able to excersise significant influence in order to maintain the stability of their product and products produced increasing popular consumers. © 2014 Universitas Negeri Semarang

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI .Jakarta : PT Rineka Cipta.

Artistiyan, Rosetyadi Firdausa. 2012. “Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha dan Jam Kerja terhadap Pedagang Kios di Pasar Bintoro Demak.â€. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Boediono, 2008. Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 1 Ekonomi Mikro. Yogyakarta :BPFE-Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik.2013. Kabupaten Magelang Dalam Angka 2013.Magelang :2013

Dornbusch, Rudiger.Stanley Fischer. 1992.Macro Economics Fourth Edition. Jakarta : Erlangga.

Gujarati, Damodar N. 2012. Dasar- dasar ekonometrika Buku 1 Edisi 5.Jakarta :Salemba Empat.

Mulyadi.2001. “Akuntansi Manajement : Konsep, Manfaat dan Rekayasa Edisi 3â€. Salemba Empat : Jakarta

Munawir, 2007. Analisa Laporan Keuangan.Yogyakarta : Liberty Yogyakarta.

Simanjuntak, PJ. 1995. Pengantar Sumber Daya Manusia. Jakarta : LP3ES.

Soekartawi. 1990. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Khusus Analisis Fungsi Produksi Cobb- Douglas. P.T. Raja Grafindo Persada Indonesia.

How to Cite
Sukmarani, A. (1). ANALISIS PRODUKSI INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGHASIL PAHAT BATU DI KECAMATAN MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG. Economics Development Analysis Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/edaj.v3i2.3832