KEMAMPUAN MERANCANG MOTIF BATIK MELALUI PEMBELAJARAN MENGGAMBAR GUBAHAN FLORA BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDUNGWUNI

Abstract

Tujuan  penelitian ini secara umum untuk mengetahui dan menjelaskan kemampuan siswa dalam merancang motif batik gubahan flora, sedangkan tujuan khususnya adalah: (1) untuk mengetahui dan menjelaskan pembelajaran menggambar gubahan flora , (2) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam merancang motif batik gubahan flora, dan (3) untuk mengetahui dan menjelaskan hasil karya siswa dalam merancang motif batik melalui  pembelajaran menggambar gubahan flora. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) dengan mengembangkan pembelajaran menggambar motif batik melalui gubahan flora. Teknik pengumpulan data  dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, sementara itu analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, (1) bentuk pembelajaran berkarya gambar rancangan motif batik gubahan flora tujuan pembelajarannya, siswa mampu membuat gambar rancangan motif batik gubahan flora berdasarkan prinsip-prinsip penggubahan (stilisasi) dengan unsur-unsur yang lengkap, dan mempunyai nilai estetis. Materi yang diajarkan adalah media dan prosedur berkarya gambar rancangan motif batik gubahan dengan  metode dengan ceramah, demonstrasi dan penugasan. Evaluasi pembelajaran dilakukan berdasarkan tiga aspek yaitu, kesesuaian bentuk motif batik gubahan flora ,  prinsip-prinsip penggubahan, kelengkapan unsur-unsur motif batik, dan keindahan. Kemampuan siswa berdasarkan hasil pengamatan, secara umum mengalami perkembangan (2) berdasarkan data hasil karya dari pengamatan terkendali 1 dan dilakukan perbaikan pada pengamatan terkendali 2, kemampuan siswa dalam membuat gambar rancangan motif batik gubahan flora mengalami peningkatan. (3), karya yang dihasilkan sesuai dengan acuan dalam menggubah, unsur-unsur motif batik umumnya sudah lengkap, pewarnaan yang dilakukan pada bidang bentuk dan latar gambar dengan media cat air dan krayon, karya yang dihasilkan lebih indah.

https://doi.org/10.15294/eduart.v6i1.17915
pdf