PEMBUATAN APLIKASI PADA SMARTPHONE ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN APP INVENTOR SEBAGAI PENDAMPING PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEKNIK DIGITAL

Main Article Content

Ardhi Nur Samsyi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain rancangan aplikasi padasmartphone Android dengan menggunakan App Inventor sebagai pendamping pembelajaran Teknik Digital, mengetahui tingkat kelayakan aplikasi Teknik Digital berbasis Android sebagai media pembelajaran, mengetahui hasil implementasi berupa tanggapan serta sikap mahasiswa sebagai pengguna aplikasi mengenai aplikasi Teknik Digital. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan yaitu menggunakan metode R&D (research and development), langkah penelitian pengembangan, yaitu: identifikasi atau analisis kebutuhan, desain dan validasi, uji coba produk, dan evaluasi pengembangan. Penelitian melibatkan respondendari lembaga dari IKITAS dan BPMP,dosensebagai ahli media serta materi,dan mahasiswasebagai pengguna aplikasi.Pihak lembaga mengisi angket yang  berisi  mengenai beberapa  aspek kelayakan dari segi media,dosen mengisi angket yang  berisi mengenai beberapa  aspek  kelayakan dari segi materi dan media. Kemudian setelah media pembelajaran dianggap layak,mahasiswasebagai pengguna aplikasidiberi angket yangberisi beberapa aspek  kualitas dan respon. Hasil penilaiankelayakanmedia pembelajaran Teknik Digital berbasis smartphone oleh  lembaga mendapat skor 73,33% (layak),ahli media mendapat skor 81,67% (sangat layak), ahli materi Teknik Digital mendapat skor 79,12% (layak). Penilaian pengguna aplikasiuntuk aspek kelayakan media mendapat skor sebesar  76,43% (layak)  dan penilaian pengguna aplikasi untuk aspek tanggapan serta sikap mendapat skor sebesar 74,77% (baik). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan smartphoneAndroid pada mata kuliah Teknik Digital layak digunakan sebagai pendamping pembelajaran mata kuliah Teknik Digital di prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang.

Article Details

Section
Articles