Pembuatan Trainer Motor DC Sebagai Media Pembelajaran Aktuator Dengan Menggunakan Mikrokontroler ATMEGA328

Main Article Content

Marstya Firdana
Henry Ananta

Abstract

Abstrak


 


Perkembangan teknologi elektronika berkembang begitu pesat, persaingan di bidang elektronika jelas terlihat dengan banyaknya elektronika digital yang dimiliki setiap perusahaan elektronika. Di balik semua teknologi yang berkembang ada beberapa hal yang mendukungnya antara lain Sumber Daya Manusia (SDM).


Tujuan penelitian ini untuk membuat, mengetahui unjuk kerja dan mengetahui kelayakan media pembelajaran trainer motor DC sebagai media pembelajaran aktuator mikrokontroler Atmega328 pada mahasiswa jurusan elektro Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran trainer motor DC, brushed, servo, dan stepper.


Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Media pembelajaran trainer yang dibuat terdiri dari empat blok rangkaian pengendalian motor; (2) Unjuk kerja trainer sudah berfungsi dengan stabil baik pada setiap bagian maupun secara keseluruhan. (3) Tingkat kelayakan diperoleh dari uji pemakaian kepada 54 mahasiswa yang memperoleh nilai yang masuk dalam kategori sangat layak. Hal ini berarti media pembelajaran trainer ini sangat layak digunakan pada mata pelajaran Teknik Elektro.


 


Kata Kunci: Trainer Motor DC, Aktuator, Mikrokontroler Atmega328

Article Details

Section
Articles