RANCANG BANGUN ALAT TRAINER SENSOR SUHU, CAHAYA, DAN JARAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA TERAPAN DI SMK IPT KARANGPANAS SEMARANG

Main Article Content

Iffan Aulia

Abstract






Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan alat trainer sensor suhu, cahaya, dan jarak sebagai media pembelajaran mata pelajaran elektronika terapan pada kompetensi dasar konsep dasar sensor di SMK IPT Karangpanas. Metode yang digunakan dalam pembuatan trainer ini adalah metode penelitian dan pengembangan Metode penelitian ini dipilih karena relevan dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk tertentu. Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan diperlukan penelitian untuk menguji kelayakan produk tersebut supaya dapat berfungsi dengan baik.







Hasil penelitian ini berupa alat trainersensor suhu, cahaya, dan jarak yang telah divalidasi oleh ahli untuk diketahui kelayakan dari trainerini. Hasil yang didapatkan dari ahli materi mendapatkan nilai total 80% atau dikategorikan Sangat Layak, dan dari ahli media mendapat nilai 81,6% atau dikategorikan Sangat Layak. Artinya, alat trainersensor suhu, cahaya, dan jarak ini layak atau dapat digunakan sebagai media pembelajaran elektronika terapan pada kompetensi dasar konsep dasar sensor di SMK IPT Karangpanas.

Article Details

Section
Articles