PERANCANGAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Main Article Content

Okti Melva

Abstract





Model pembelajaran e-learning adalah pembelajaran yang terkoneksi dengan internet. Sebagai media yang diharapkan akan menjadi bagian dari suatu proses pembelajaran disekolah, internet harus mampu memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komunikasi interaktif antara pengajar dengan pembelajar. Kondisi yang harus mampu didukung oleh internet tersebut terutama berkaitan dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan seperti penggunaan Web Blog sebagai media pembelajaran berbasis Web.Penggunaan media berbasis web dalam pembelajaran dapat membantu seorang siswa dalam memberikan pengalaman yang bermakna dan dapat mempermudah siswa dalam memahami sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkrit. Sehingga diperlukan suatu usaha untuk pengembangan media. Dalam penelitian ini, media yang dikembangkan adalah traineruntuk membantu proses pembelajaran instalasi penerangan.






Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development(R&D). Proses pengujian dilakukan dengan Black Box Testing, uji pengguna dan uji hasil yang dilakukan di SMK Pembangunan Nasional Purwodadi. Hasil penelitian ini berupa trainer instalasi penerangan berbasis web sebagai media pembelajaran yang telah diimplementasikan pada pengguna. Menu yang terdapat dalam media ini antara lain: home, materi, praktik, soal, dan video. Hasil kelayakan trainer instalasi penerangan berbasis web adalah sebanyak 53,24% menilai sangat layak, 44,50% menilai layak, 2,26% menilai tidak layak, dan 0% menilai sangat tidak layak. Selain itu, juga terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, sehingga media pembelajaran berbasis webdapat digunakan oleh sekolah atau guru untuk mengembangkan kegiatan belajar siswa.

Article Details

Section
Articles