Abstract




Berdasarkan observasi pada tanggal 10 juni 2017 di SMK N 5 Semarang, terdapat beberapa unit motor induksi AC 1 fasa dan jenis kapasitor. Namun belum adanya media pembelajaran terkait untuk memperbaiki motor lebih khususnya materi rewinding motor. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan unit media pembelajaran rewinding motor listrik sebagai salah satu penunjang pada mata pelajaran instalasi Motor Listrik. Penelitian ini bertujuan untuk merealisasikan dan mengetahui kelayakanMedia Pembelajaran Rewinding Motor Kapasitor Berbasis Flash yang digunakan untuk media pembelajaran lilit ulang motor listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development. Pada penelitian ini hanya menguji kelayakan dan uji coba Media Pembelajaran Rewinding Motor Kapasitor Berbasis Flash dengan memberikan angket ke 38 responden yang terdiri dari 5 ahli materi dan 33 siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan Media Pembelajaran Rewinding Motor Kapasitor Berbasis Flash kepada 33 siswa diperoleh dari kelima aspek yang dinilai yaitu aspek tampilan media sebesar 3,41, aspek fungsi media sebesar 3,44, aspek ketertarikan pengguna sebesar 3,26, dan aspek media alternatif 3,38 dan aspek efektivitas sebesar 3,45 dengan keseluruhan masuk dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan uji validasi oleh 3 pakar ahli diperoleh skor dengan rata-rata 3,26 dengan kategori “sangat layak”.