Abstract




Mata pelajaran memperbaiki sistem penerima televisi merupakan pembelajaran memperbaiki penerima televisi hitam putih dan berwarna secara teori maupun praktik. Kebutuhan alat sebagai media penunjang mata pelajaran tersebut di SMK N1 Kandeman belum terpenuhi semua. Salah satunya penunjang untuk praktik yang belum terpenuhi yaitu trainer troubleshooting televisi berwarna. berdasarkan keadaan tersebut perlu adanya perancangan media pembelajaran berupa trainer troubleshooting televisi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk merealisasikan dan mengetahui kelayakan trainer troubleshooting televisi yang digunakan untuk kelengkapan praktikum memperbaiki penerima televisi.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development. Dalam metode ini yang dilakukan adalah merencanakan dan membuat trainer troubleshooting televisi, kemudian diberikan kepada siswa untuk penunjang pembelajaran supaya siswa dapat memiliki pengetahuan baru tentangtroubleshooting televisi. Pada penelitian ini hanya menguji kelayakan dan uji coba trainer dengan memberikan angket kepada 33 responden yang terdiri dari 3 guru sebagai validasi ahli dan 30 siswa kelas XI Jurusan Teknik Audio Video dan tidak melihat aspek statistik secara mendalam. Hasil peneltian menunjukan uji kelayakan kepada 30 siswa diperoleh dari kelima aspek yang dinilai rata-rata tiap aspek sebesar 90,26% dengan kriteria “Sangat Layak” dan hasil yang diperoleh dari uji validasi ahli memdapat nilai rata-rata dari setiap aspek sebesar 90,13 % dengan kriteria “Sangat Layak”